Peringati Hari Disabilitas Internasional, Kepala SLBN Depok: Ditengah Pandemi ABK Harus Memiliki Kehidupan Yang Lebih Baik

DepokNews- Hari Disabilitas Nasional diperingati setiap 03 Desember. Memperingati momentum ini, Kepala Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kota Depok, Lia Cornelia Dewi, mengatakan bahwa ditengah pandemi covid-19 ini Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) harus memiliki kehidupan yang lebih baik.

“Ditengah pandemi ini Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) harus memiliki kehidupan yang lebih baik, lebih inklusif dan memiliki aksesibel yang berkelanjutan. Mengingat, pada dasarnya setiap manusia dilahirkan sama dan memiliki karakter tersendiri,” ujar Lia, di ruang kerjanya, Kamis (03/12/2020).

Ia menurutkan bahwa perhatian pemerintah terhadap ABK di tengah pandemi ini sangat diharapkan, termasuk kepada tenaga pendidiknya. Saat ini siswa ABK sedang berusaha menjalani Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Terlebih, Lia melanjutkan, ada rencana untuk mengaktifkan kembali sekolah tatap muka mulai Januari 2021. Menurutnya, ABK harus mendapat perhatian khusus, agar kegiatan belajar mengajar bisa berjalan di situasi seperti saat ini.

“Saya berharap, perhatian pemerintah bisa lebih ditingkatkan untuk mengalokasikan kegiatan bagi siswa ABK. Dengan begitu, keberadaan ABK bisa terus diakui dan diberi kesempatan untuk berkembang,” tuturnya.

Terakhir ia mengatakan bahwa setiap anak memiliki peluang dan potensi yang sama. Sehingga ABK pun harus diberi ruang. Ia juga berharap semoga di Hari Disabilitas Internasional ini kesenjangan sosial terhadap ABK bisa terus berkurang.