DepokNews–Guna memperingati Hari HIV/AIDS Tahun 2022, UPTD Puskesmas Jatijajar menggelar webinar pencegahan dan pengendalian penyakit menular. Yang menghadirkan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Dewi Inong Irana sebagai narasumber.

Pada kesempatan itu, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Dewi Inong Irana, mengatakan, saat ini penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) ada 25 macam, bukan hanya HIV/AIDS. Di antaranya, sifilis, gonore, IGNS, kondolima akuminata, ulkus mole, herpes simpleks genitalis, hepatitis B dan C, limfogranuloma venereum, vaginatis, trikomoniasis, sarcoma kaposi, skabies, pedikulosis pubis, zika, ebola dan monkey pox.

“Semua penyakit kelamin ini akibat perilaku seks bebas,” ujarnya saat webinar, Kamis (01/12/22).

Adapun cara penularan penyakit IMS melalui berbagai cara, kelamin dengan dubur, kelamin dengan kelamin, kelamin dengan mulut dan tangan. Kemudian juga kelamin dengan alat bantu seksual.

“Jadi penularan virus bukan hanya kelamin dengan kelamin saja,” tambahnya.

Dirinya menambahkan, pencegahan penularan IMS bisa dilakukan dengan tidak melakukan perilaku seks bebas dengan cara apapun, tidak selingkuh bagi yang sudah menikah, gunakan jarum suntik sekali pakai. Serta menambah pengetahuan tentang IMS yang benar, lakukan juga kegiatan yang positif seperti berolahraga.

Terakhir, tambah dia, jika sudah terlanjur melakukan seks bebas segera melakukan pemeriksaan ke puskesmas terdekat. Agar dapat diketahui dan mendapatkan penanganan yang tetap.

“Stop seks bebas. Tidak seks bebas sama dengan gaul yang sehat,” tutupnya. 

sumber: https://berita.depok.go.id/peringati-hari-hivaids-2022-puskesmas-jatijajar-gelar-webinar

Previous articleTerima Tim Verifikator Kota Pangan Aman, Pemkot Depok Oprimistis Jadi yang Terbaik
Next articleKatar Permata Depok Buka Posko Bantuan Korban Gempa Cianjur