Peringati Hari Pancasila, Wakil Wali Kota Depok : Nilai-nilai Dasar Pancasila Adalah Warisan

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 di lapangan Balai Kota Depok. (Foto : JD04/Diskominfo).

DepokNews – Pada momen Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni, Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengajak masyarakat mempelajari dan memahami nilai-nilai Pancasila. Dengan begitu, bisa mengetahui bagaimana menjadi generasi yang baik, bertanggung jawab, selalu menerapkan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan,persatuan maupun nilai kerakyatan.

“Sangat penting memberikan pemahaman nilai-nilai Pancasila bagi masyarakat, terutama generasi muda di era globalisasi ini dimana sudah banyak masuk paham-paham dari luar. Karena nilai-nilai dasar Pancasila sebagai warisan dari para pendiri bangsa harus dipertahankan,” ujarnya, Kamis (01/06/23).

Dikatakan Bang Imam, sapaannya, dalam memberikan pemahaman nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat, Pemerintah Kota Depok telah melakukan sejumlah upaya. Salah satunya menggelar upacara bendera yang merupakan nilai pokok dalam Pancasila.

“Kami juga akan bekerja sama dengan empat pilar dalam memberikan pemahaman tentang Pancasila kepada warga dan kegiatan yang lainnya,” katanya.

Lebih lanjut, kata Bang Imam, banyak nilai kebaikan yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap sila yang terdapat dalam Pancasila merupakan falsafah hidup bangsa Indonesia. Mulai dari asas ketuhanan, asas kemanusiaan, asas demokrasi dan lain sebagainya.

“Para pendiri bangsa mengajarkan semua itu. Kita saat ini juga harus melakukan dan mengimplementasikan nilai-nilai tersebut demi kebesaran bangsa dan negara,” tutupnya.

Sumber : depok.go.id