Peringati Hari Sampah, Ini Aksi Komunitas Ciliwung

DepokNews–Dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018, Komunitas Ciliwung Depok (KCD)  selama dua hari Sabtu-Minggu (24-26) melakukan kegiatan Bebenah sungai Ciliwung.

Pendiri KCD Taufik DS kepada wartawan mengatakan kegiatan ini berupa operasi pembersihan sampah di sempadan Sungai Ciliwung yang mulai menumpuk, pasca aliran Sungai Ciliwung meluap atau siaga satu pada 5 Februari lalu.

“Aksi pembersihan kami fokuskan pada sempadan Sungai Ciliwung di wilayah Kota Kembang atau kawasan GDC yang masuk dalam wilayah Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas dan Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya”katanya.

Pemilihan tempat ini berdasarkan lokasi yang mudahnya di akses warga untuk mengamati dan menikmati Sungai Ciliwung, disamping bentuk upaya KCD mendorong pemerintah agar kawasan sempadan sungai di sana dijadikan Taman Edukasi dan Konservasi Ciliwung,.

Peringatan HPSN  dirangkai pula dengan acara berupa edukasi dan display hewan reptile, penampilan musik biola, serta berbagi pengetahuan survival dan rescue, hingga jelajah Sungai Ciliwung.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Peringatan HPSN KCD, Tri Wibowo didukung pegiat lingkungan dan pecinta alam baik individu maupun dari komunitas yang ada di Depok.

Antara lain kata dia, Depok Clean Action, My Trip My Adventure, Community Independent Pets, Plasma SMA 4 Depok, Pecinta Alam SMA 8 Depok, , Nasapala SMK Nusantara Depok, Mapala UI, SAR Hidayatullah, Komunitas Pendaki Gunung Regional Depok, KSR PMI Depok, Ves Community, Indonesia First Responder, OI Depok dan Depok Drone Community.

“Bagi kami relawan dan akftifis KCD, aktvitas Bebenah Ciliwung adalah bagian dari usaha mengajak masyarakat untuk merawat dan menjaga Ciliwung,” katanya.

Dan untuk merubah pola pikir bahwa sungai bukanlah tempat pembuangan sampah atau limbah.

Serta mengalih fungsi sempadannya dari kegiatan lain kecuali sebagai wilayah konservasi keanekaragaman hayati.