Depoknews,Tapos – Walikota Depok, Mohammad Idris Abdul Shomad dan Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar oleh DPC PKS Kecamatan Tapos Kota Depok pada Ahad (27/11/2022) di Sukamaju Baru Tapos dengan mengusung tema: Nabi Muhammad Teladan Nyata, Sepanjang Hayat, Sepanjang Zaman.

Bertempat di halaman Kantor DPC PKS Kecamatan Tapos yang terletak di Jalan Bakti ABRI Kelurahan Sukamaju Baru, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW DPC PKS Kecamatan Tapos dihadiri pula oleh Camat Tapos Abdul Mutolib, Lurah Sukamaju Baru Nurhadi, dan Anggota DPRD Fraksi PKS Kota Depok Ade Firmansyah.

Dari jajaran struktur pengurus DPC PKS Kecamatan Tapos tampak Ketua DPC PKS Kecamatan Tapos Mamuri Raskaman, Sekretaris DPC PKS Kecamatan Tapos M. Irvan, Bendahara DPC PKS Kecamatan Tapos Nuryana, Ketua Kaderisasi DPC PKS Kecamatan Tapos Agus Suwardi, Ketua SPKK DPC PKS Kecamatan Tapos Ratu Firna, Ketua Ranting PKS Kelurahan se-Kecamatan Tapos, Ketua UPKK se-Kecamatan Tapos, Anggota Dewan Pakar PKS Depok Lilis Latifah, Ketua Dewan Masjid Indonesia Tapos, para Tokoh Masyarakat Kecamatan Tapos serta simpatisan PKS.

Dalam sambutannya Mohammad Idris menyampaikan pesan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah sarana ajang silaturahmi antar sesama muslim.

“Peringatan-peringatan hari besar agama di Indonesia sudah menjadi sebuah budaya bangsa Indonesia. Peringatan Maulid hari ini dapat kita jadikan sebagai ajang silaturahmi. Sarana untuk memperkuat persaudaraan,” ujar Mohammad Idris Abdul Shomad kepada Depoknews usai acara.

Mohammad Idris mengatakan, dengan adanya peringatan Maulid Nabi menunjukkan sebutan PKS sebagai partai dakwah adalah tepat tidak hanya mengurusi politik saja.

“Kita bisa melihat bagaimana kerja PKS yang memang sudah mencantumkan sebagai partai dakwah tidak terbatas pada kegiatan-kegiatan politik saja namun juga kegiatan keagamaan,” sambung Mohammad Idris.

Mohammad Idris menegaskan bahwa Pemerintah Kota Depok sudah sejak tahun 2017 menjadikan Depok sebagai Kota Sejuta Maulid melalui kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di seluruh wilayah kecamatan.

“Sejak tahun 2017 kita jadikan Depok sebagai Kota Sejuta Maulid. Diadakan tiap tahun serentak di tiap kelurahan, namun 2020 dan 2021 libur karena ada pandemi Covid-19. Tahun 2022 ini Alhamdulillah bisa kita peringati lagi,” ujarnya lagi.

Pemerintah Kota Depok tentunya, kata Mohammad Idris, mendukung dan mengapresiasi kegiatan Peringatan Maulid Nabi yang diselenggarakan oleh DPC PKS Kecamatan Tapos.

“Saya memberikan apresiasi dan dukungan kepada DPC PKS Kecamatan Tapos yang dengan kantor barunya menyelenggarakan Peringatan Maulid Nabi. Ini sejalan dengan program Pemkot menjadikan kota Depok menuju kota yang religius yang saat ini sedang kita upayakan Perda-nya,” ungkap Mohammad Idris.

Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono di hadapan kader simpatisan PKS dan para tamu undangan mengatakan PKS menyambut Maulid Nabi dengan melakukan Maulid di setiap DPC.

“Alhamdulillah hari ini peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bisa dilaksanakan di PKS Kecamatan Tapos,” kata Imam Budi Hartono atau akrab dengan sebutan IBH.

Untuk kader dan simpatisan PKS Imam Budi Hartono yang juga Ketua DPD PKS Kota Depok mengajak mencintai Rasulullah SAW dengan melakukan acara Maulid Nabi.

“Yang kedua adalah kenali Rasulullah dengan cara membaca kisah perjalanan hidupnya. Dan ketiga, sekarang ada musibah gempa Cianjur ayo sama-sama bantu masyarakat untuk bisa menyumbangkan apapun. Baik tenaga, waktu, dana maupun apapun yang bisa disumbangkan untuk saudara-saudara kita di sana,” ucap Imam Budi Hartono.

Di tempat yang sama, Ketua DPC PKS Kecamatan Tapos Mamuri Raskaman menyampaikan, komitmen partai yang dipimpinnya untuk membersamai masyarakat mewujudkan kota Depok yang religius.

“Untuk mewujudkan kota Depok yang religius salah satu upaya PKS adalah menyelenggarakan maulid ini. Ini juga merupakan bukti, PKS tidak anti maulid. Tidak ada sekat lagi antara PKS dengan masyarakat khususnya dengan Nahdliyin. Sesungguhnya kami warga NU pula,” ungkap Mamuri Raskaman.

Ketua panitia peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW DPC PKS Kecamatan Tapos Ustad Abdul Hakim menjelaskan acara diawali pembacaan maulid oleh Habib Muhammad bin Hasan Al-Jufri.

“Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diisi ceramah oleh KH. Abadi Idrus. dan KH. M. Rifai. Diawali pembacaan maulid oleh Habib Muhammad bin Hasan Al-Jufri. Inti ceramah dari para kyai yaitu bahwa Nabi Muhammad adalah pembawa risalah dari Allah SWT yakni menyampaikan Islam Rahmatan lil ‘alamin,” ujar Abdul Hakim.

Pelaksanaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW berlangsung dari pagi hingga waktu Dzuhur. Selain diikuti secara tatap muka, pihak panitia juga menfasilitasi acara yang bisa diikuti melalui media online. (shl)

Previous articleHj. Iin Nur Fatinah Menerima Audiensi Pengurus dan Kader Posbindu Cimanggis Depok di DPRD Bandung
Next articleUlar Sanca Sepanjang 2 Meter Masuk Pemukiman Warga, Damkar Depok Minta Warga Lapor Jika Ada Hewan Berbahaya