PKS Depok Siapkan Relawan Pemulasaran Jenazah Covid 19

DepokNews–Jumat, 1 Mei 2020, DPD PKS Depok menyelenggarakan Pelatihan Praktis Pemulasaran Jenazah Covid-19 di kantor sekretariatnya di jalan Margonda Raya gang Beringin Kemiri Muka Beji Depok. Narasumber pada pelatihan pemulasaran jenazah Covid-9 adalah dari Tim Pemulasaran Jenazah RSUD Depok dan peserta pelatihan adalah kepanduan dan santika yang merupakan kader-kader PKS dari tiap kecamatan yang akan dipersiapkan sebagai bagian dari tim relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkot Depok, khususnya dalam penanganan proses Pemulasaran Jenazah Covid-19 di warga.

Dalam pengantar pelatihan ini Moh. Hafid Nasir selaku ketua DPD PKS Depok menyampaikan beberapa aksi satgas mitigasi bencana Covid-19 DPD PKS Kota Depok terkait program edukasi dan promosi khususnya membantu Gugug Tugas Pemkot menjalankan kebijakan PSBB dan Kampung Covid berbasis RW, kemudian terkait advokasi kami mengirim sejumlah relawan untuk diperbantukan sebagai bagian tim relawan gugus tugas pemkot khususnya penanganan pemulasaran jenazah, dan dalam pelaksanaannya dibawah koordinasi dinas kesehatan kota Depok.

“Kami mengucakan terima kasih kepada gugus tugas pemkot khususnya kepala dinas kesehatan kota depok dan tim RSUD Kota Depok (bapak Endang beserta tim) yang telah memberikan kesempatan memberikan bimbingan teknis pemulasaran jenazah Covid-19 kepada para relawan,” kata Hafid Nasir.

Tak lupaTerima kasih dan selamat bertugas kepada seluruh kader PKS yang akan bertugas sebagai tim relawan covid-19 dibawah koordinasi dinas kesehatan kota Depok

Untuk selanjutnya seluruh relawan akan bertugas di wilayah kecamatan masing-masing dan akan berkoordinasi dengan sekcam sebagai ketua satgas covid19 tingkat kecamatan. Jumlah relawan sebanyak 29 orang.Terdiri dari 14 orang tim pemulasaraan jenazah dan 15 orang tim pengantaran jenazah.

Materi pelatihan memberikan wawasan tentang virus Corona dan penyebarannya, peraturan perundangan, sampai Fatwa MUI peserta juga dibimbing praktek dan contoh penanganan jenazah yang terindikasi covid 19 dari mulai pasca dinyatakan meninggal, strelisasi tempat, pengkafani, memasukkan ke dalam peti, menyolatkan, penguburan sampai strelisasi kembali pasca penguburan.

“Peran apapun yang akan diberikan oleh Pemkot dan satgas covid 19 kepada relawan PKS, mereka akan siap dan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan kontribusi terbaiknya. Kader PKS siap berkhidmat di kondisi apapun dan kapanpun dibutuhkan,” pungkas Hafid Nasir.