“Dari data Pemkot Depok, sampah rumah tangga perharinya mencapai sekitar 600 – 700 ton, Oleh sebab itu, PKS Sukmajaya harus punya andil untuk membangun kehidupan bermasyarakat,” Bagaimana PKS mendorong juga berperan dalam proses pelestarian lingkungan, penerapanya dimulai dari masyarakat, terlebih lagi dalam sub sektor keluarga,” jelas bang Dayat, masyarakat harus tahu dan terus dibangun kesadarannya.

Ada banyak cara yang dapat diupayakan untuk mengelola sampah dan limbah.
“Salah satu di antaranya menindaklanjuti Program PKS Sukmajaya Bakti Lingkungan Bakti untuk Negeri beberapa waktu lalu dengan pelatihan secara daring pembuatan cairan eco enzyme, Hari ini kami mencanangkan Gerakan pembuatan cairan eco Enzyme di rumah tangga, Dengan cara ini, akan dapat mengurangi penumpukan limbah menjadi produk yang bermanfaat. Adapun sampah organik rumah tangga yang bisa diolah adalah sisa sayuran dan kulit buah buahan, produk yang dapat dihasilkan di antaranya sabun, pembersih lantai, detergent, aromatik, dan produk yang bermanfaat lainnya.

Tentu saja semua ini dapat diproses mudah oleh masyarakat dan ibu rumah tangga dapat dengan mudah melakukannya bersama anak anak dirumah, dan dapat dijadikan sebagai salah satu kreatifitas keluarga,” ujarnya.

Ketua DPC PKS menjelaskan bahwa PKS sebagai partai Islam memiliki visi mewujudkan Islam Rahmatan Lil Allamin, salah satu wujud rahmatan lil ‘alamin, bukan hanya kebaikan bagi sesama manusia, tapi juga bagi lingkungan dan seluruh alam semesta.

“Ada krisis di depan mata kita, yang bisa kita prediksi, yakni krisis iklim. Produksi CO2 kita luar biasa sangat tinggi, pemanasan global. Salah satu cara menangkalnya, selain kita menanam pohon, ada program pembuatan cairan eco enzyme. Melalui gerakan Indonesiaku Hijau yang sudah di canangkan oleh DPW PKS Jabar, kita gerakkan masyarakat Sukmajaya untuk Cinta lingkungan dengan Program sosialisasi Praktik Pembuatan cairan sejuta manfaat Eco Enzyme, Gerakan ini ingin kami jadikan bukan hanya gerakan PKS saja, tapi milik seluruh masyarakat Sukmajaya” Kata Bang Dayat.

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono dan juga Camat Sukmajaya beserta Lurah Mekar jaya, Aleg DPRD Depok bang Hengky dan Coach Saptawati Meina Sophia dari Ketua Yayasan Wangi Bumi Nusantara Depok