Politeknik Negeri Jakarta dan Jawara Depok Latih Keuangan Dasar untuk UMKM    

Para pelaku usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Kota Depok, khususnya bagi anggota Komunitas Jaringan Wirausaha (JAWARA) Cabang Cinere, Depok, mendapatkan Pelatihan  dan Pendampingan Akuntansi Sederhana  dari  para  Dosen dan Mahasiswa  Program  Studi  (Prodi) D4 Akuntansi Keuangan Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta (PNJ. Kegiatan  tersebut  bertempat di  Hot In Resto, Jl. Raya  Gandul  No.40,  Gandul,  Kec. Cinere, Kota Depok, Jawa Barat, pada hari  Sabtu, 3 September 2022  yang  di ikuti  oleh  30  peserta   pelaku  usaha.


Kegiatan ini selain dihadiri oleh para peserta pelaku UMKM di Kecamatan Cinere, Depok, para dosen dan mahasiswa Prodi D4 Akuntansi Keuangan  Jurusan Akuntansi PNJ, juga dihadiri  oleh Ibu Dr Titi Suhartati, SE. Ak. MM. M.Ak selaku Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan PNJ, Bapak Ubaidillah selaku Ketua Komunitas JAWARA Depok, serta Bapak Sugianto, SE. sebagai Camat Cinere Depok yang berkenan memberi sambutan sekaligus membuka acara.
Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Panitia dan juga Kepala Prodi D4 Akuntansi Keuangan Jurusa Akuntansi PNJ, Bapak Yusep Friya Purwa Setya SE. MAk, yang menyatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini ditujukan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan akuntansi sederhana yang meliputi pencatatan akuntansi atas kegiatan usaha dan cara penentuan beban pokok produksi. Dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, diharapkan para pelaku usaha dapat meningkatkan kemandirian ekonomi dan keterampilannya dalam arti sudah dapat mengelola sendiri keuangan usaha melalui pemahaman pencatatan akuntansi sederhana dan penentuan beban pokok produksi, yang pada akhirnya mampu mempertahankan kelangsungan usaha mereka. Dalam sambutannya, Bapak Sugianto selaku Camat Cinere mengharapkan agar kegiatan dapat terus dilaksanakan secara rutin dan ditingkatkan, agar para pelaku UMKM di Kecamatan Cinere memiliki pemahaman yang mumpuni di bidang keuangan. Hal serupa juga disampaikan agar ke depan kegiatan serupa dapat diberikan kepada tidak hanya anggota komunitas JAWARA yang ada di Kecamatan Cinere, namun juga semua pelaku UMKM anggota Komunitas JAWARA yang hingga kini telah mencapai lebih dari 5.000 anggota.

Sebelum pemberian materi, para peserta mengisi tes awal untuk melihat kemampuan awal peserta di bidang akuntansi sederhana. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh dua orang dosen Akuntansi Jururusan Akuntansi PNJ yaitu Ibu Desyria Pratiwi, SE. M.M.S.I. dan Bapak Ridwan Zulpi Agah, SE. M.Ak. Peserta sangat antusias menyimak materi yang disampaikan hingga akhir acara. Banyak peserta yang memberikan saran agar ke depan diadakan pelatihan serupa namun dengan waktu yang lebih panjang. Peserta lain juga menyarankan dilanjutkan dengan berbagai pelatihan tidak hanya tentang akuntansi sederhana, namun juga pembukuan digital, cara pengembangan usaha dan pengemasan makanan.  Di akhir materi, dilakukan tes akhir yang menunjukkan peningkatan pemahaman akuntansi sederhana, pembicara memberikan kuis tentang materi akuntansi yang dapat dijawab dengan baik oleh Ibu Jumiah, salah satu peserta. Juga terpilih peserta teraktif yaitu Ibu Euis, pemilik usaha gelato dan berbagai produk olahan dari susu dari Gandul, Cinere. Acara kemudian ditutup oleh Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan PNJ, Ibu Dr Titi Suhartati, SE. Ak. MM. M. Ak.

Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini, maka permasalahan yang menjadi prioritas untuk diselesaikan yang mencakup rendahnya pemahaman pencatatan keuangan, dapat diselesaikan melalui pelatihan akuntansi sederhana, juga rendahnya  pemahaman penentuan beban pokok produksi yang dapat diselesaikan melalui pelatihan akuntansi biaya. Mengingat masih belum cukupnya dukungan pembinaan keterampilan hardskill di bidang akuntansi hanya melalui kegiatan pelatihan, maka Prodi D4 Akuntansi Keuangan Jurusan Akuntansi PNJ berkomitmen untuk melanjutkan kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan memberikan kegiatan pendampingan di bidang akuntansi oleh tim dosen dan mahasiswa, untuk memastikan pengetahuan akuntansi hasil pelatihan dipahami dan diterapkan dengan tepat sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.

Published
Categorized as Ragam