Puluhan Pelajar Ikut Lomba MHQ Baitul Muslimin

DepokNews–Sebagai bentuk konsistensi dalam jalur agama dan budaya, DPC PDIP Kota Depok gelar kegiatan Musabaqah Hifzil Qur’an (MHQ) di Balairakyat Kecamatan Sukmajaya, Senin (17/2).

Kepala Bidangan Budaya dan Keagamaan Dpc PDIP Kota Depok, Mad Arif yang juga sekaligus sebagai ketua panitia acara tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk konsistensi PDIP yang bergerak dijalur budaya dan keagamaan guna meneguhkan ruh gerakan yang berbasis nilai keagamaan dan kepercayaan kepada tuhan yang maha esa.

“Pesertanya berjumlah 88 orang yang terdiri dari 57 peserta tingkat SLTP dan 32 dari tingkat SLTA,” ujarnya kepada godepok dilokasi acara.

Lebih lanjut Mad Arif mengatakan, bagi para peserta yang keluar menjadi juara pada acara ini akan dikirim untuk berlaga di MHQ tingkat Propinsi yang akan diadakan pada bulan Maret mendatang.

“Jadi Pemenang yang keluar dalam acara ini akan dikirim untuk mengikuti kejuaraan yang akan diselegarakan oleh DPD Jabar,” terangnya.

Mudah mudahan, lanjut Mad Arif, dengan adanya kegiatan seperti ini dapat meneguhkan ruh gerakan PDIP yang berbasis nilai keagamaan dan kepercayaan kepada tuhan yang maha esa serta membentuk hafidz dan hafidzoh yang berakhlakul karimah.

“Selain itu juga memiliki kualitas kemajemukan dan moralitas pemahaman keagamaan dan kebarngsaan yang baik,”katanya

Ketua Baitul Muslimin Kota Depok
Hj Afifah Alia kepada wartawan pada mengatakan kegiatan ini
di gelar dalam rangka memperingati Hut PDI Perjuangan ke 47, dan dalam upaya meminalisir aksi tawuran pelajar yang kerap terjadi di Kota Depok,”katanya.

Kegiatan ini untuk menanamkan sejak dini para siswa dalam kecintaan kepada Alquran dengan membaca dan memahami serta mengamalkan isi kandungannya.

MHQ khusus siswa atau pelajar ini digelar dalam rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) PDI Perjuangan ke 47

“Perlombaan MHQ kategori siswa yang memperebutkan total hadiah Rp 20 juta ini tujuannya untuk menciptakan generasi yang berbasis qurani,”katanya.

Juara satu akan mendapatkan hadiah Rp 5 juta, juara kedua Rp 3 juta dan juara ketiga Rp 2 juta dengan total hadiah hingga Rp 20 juta.

Afifah mengatakan dewan juri dalam ajang tersebut didatangkan dari Majelis Ulama Indonesia Depok dan Ustaz di Kota Depok

Sasaran kegiatan ini, untuk menerapkan budaya baca, faham dan amal Alquran yang seperti didalam visi misi Baitul Muslimin.

Intinya dari semua kegiatan tersebut diharapkan bisa membangun kesadaran para siswa khususnya di Kota Depok, tentang betapa pentingnya memahami dan mengamalkan Alquran.

MHQ kategori pelajar ini merupakan wujud nyata untuk membuktikan bagaimana membangun para pelajar dengan Alquran.

Diawali dari para pelajar karena mereka adalah generasi penerus yang harus dibangun sejak dini, mulai dari karakter dan sikap yang berprilaku qurani.

Hj Afifah untuk mengajak sekolah di Kota Depok baik SMP dan SMA untuk mengikuti delegasinya pada perlombaan MHQ tahun 2020.