Pupuk Rasa Cinta Tanah Air, K.H. Amang Syafrudin Gelar Sosialisasi Empat Pilar Kepada Para Tokoh Pendidikan

DepokNews – K.H Amang Syafrudin, Lc., MM selaku Anggota MPR RI menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada para tokoh pendidika. Acara ini bertempat di Yayasan Ulil Albab-SMP IT Ulil Albab, Kab, Bekasi, Sabtu, 25 Maret 2023. Sosialisasi empat pilar kebangsaan ini dihadiri 150 (Seratus lima puluh) peserta yang terdiri dari Civitas Akademika, dan Tokoh Masyarakat dan Guru.

K.H Amang Syafrudin, Lc., MM memberikan materi mengenai penyelenggaraan Sosialisasi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.

K.H Amang Syafrudin menjelakan, tentang pentingnya masyarakat khususnya para tokoh pendidikan untuk memahami pilar-pilar kebangsaan di NKRI.
“Sebagai warga negara yang baik kita harus cinta tanah air, salah satunya dengan memahami pilar-pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika,” jelas K.H Amang Syafrudin.

Pada pelaksanaan sosialisai tersebut membedah secara global dari mulai Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika, serta pentingnya Sosialisasi 4 Pilar
Profesi dan kedudukan setiap warga negara tidak menjadi halangan untuk mengetahui seputar Pancasila dari mulai sejarah kelahirannya, tokoh-tokohnyanya, dan pemaknaan kandungannya.

Menurut K.H Amang Syafrudin, dengan memahami empat pilar kebangsaan akan menjadikan seseorang memiliki nilai kebangasaan dan kepedulian terhadap bangsanya dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara.

“Kewenangan DPD RI, DPR, dan posisi MPR juga menjadi penting dalam proses menjalankan sebuah negara. Sebagai negara merdeka, Indonesia sebaga negara berdaulat dan dapat menggapai kesejehateraan masyarakat luas melalui sila ke 5 Pancasila, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Sehingganya Sosialisasi empat Pilar masih menjadi sarana yang sangat penting untuk memberikan informasi kenegaraan sekaligus sebagai Pendidikan Politik bagi masyarakat Indonesia,” tambah K.H Amang Syafrudin.

Salah satu usulan dan harapannya dari peserta, masyarakat Kabupaten Bekasi khususnya; DPD RI melalui Sosialisasi 4 Pilar ini dapat memberikan pencerahan dan pembelajaran politik serta bagaimana menjadikan warga negara yang baik dan bertanggung jawab sebagai anak bangsa.