Puskesmas Cipayung Rutin Lakukan Skrining Kesehatan Warga

DepokNews – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cipayung berkomitmen untuk memenuhi target Standar Pelayanan Minimal (SPM) kesehatan pada tahun ini. Salah satunya, rutin melakukan pemeriksaan atau skirining kesehatan kepada pegawai pemerintah dan masyarakat di Cipayung.

“Tahun ini targetnya harus 100 persen, tahun lalu masih kurang pemenuhan target SPM di Puskesmas Cipayung, terutama penjaringan kesehatan usia produktif,” kata Kepala UPTD Puskesmas Cipayung, Yani Haryani Sachmar, Kamis (02/03/23).

Yani menuturkan, kelompok usia produktif sekitar 15-59 tahun rentan terkena penyakit hipertensi, diabetes melitus, dan kejiwaan. Hal ini disebabkan pola hidup yang berubah, salah satunya mengonsumsi berbagai jenis makanan yang tidak sehat.

Oleh karena itu, lanjut Yani, pihaknya ingin mendata masyarakat yang terkena penyakit-penyakit tersebut dengan penjaringan kesehatan. UPTD Puskesmas Cipayung bekerja sama dengan aparatur dan warga untuk melakukan pengecekan kesehatan di setiap momentum kegiatan.

“Ada pemeriksaan gula darah, tekanan darah, kolesterol, sifilis, HIV, dan lain sebagainya,” papar Yani.

Pada Senin 27 Februaro 2023, UPTD Puskesmas Cipayung menggelar pemeriksaan kesehatan bagi pengurus Kelompok Kerja Sehat tingkat kelurahan dan stakeholder di Aula Kecamatan Cipayung. Sebanyak 60 orang telah dicek kesehatannya.

“Sebanyak 10 orang terdeteksi diabetes melitus, 15 orang hipertensi, dan enam orang tercatat abnormal pada skiring kesehatan mental,” tandasnya.

Sumber : depok.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *