Puskesmas Pasir Gunung Selatan Berikan Vitamin A Kepada 2.278 Balita

DepokNews – Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Puskesmas Pasir Gunung Selatan (PGS) memberikan vitamin A untuk 2.278 balita di wilayah kerjanya. Ribuan balita tersebut terdiri dari usia 6-59 bulan.

Kepala UPTD Puskesmas PGS, Sulaeman Iskandar mengatakan, balita menerima vitamin A melalui Posyandu setempat. Pemberiannya langsung dilakukan oleh para kader di Posyandu.

“Melalui Posyandu dengan menerapkan protokol kesehatan (protkes),” katanya, Kamis (12/08/21).

Dikatakannya, protkes juga harus dijalankan oleh orang tua dan balita penerima vitamin A. Tentu dengan menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Lanjut dia, pemberian vitamin A disesuaikan dengan usia anak. Untuk usia enam hingga 11 bulan diberikan vitamin A dosis 100.000 IU yang ditandai dengan warna biru. Sedangkan usia satu hingga lima tahun diberikan dosis 200.000 IU yang ditandai dengan warna merah.

Sulaeman menambahkan, vitamin A atau retinol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak. Sebab, sambungnya, vitamin ini terlibat dalam pembentukan, produksi dan pertumbuhan sel darah merah, sellimfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh.

“Vitamin A juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan,” tambahnya.

Terakhir, ia berharap pemberian vitamin A dapat berjalan optimal di wilayahnya. Selain juga tepat sasaran.

“Tentu dengan dukungan dari masyarakat dan stakeholder terkait di wilayah,”tutupnya.

Sumber : depok.go.id