Lurah Sukamaju Baru, Pairin bersama Kepala UPTD Puskesmas Sukamaju Baru, Zulfa Yuliza foto bersama stakeholder terkait sabelum pemeriksaan kesehatan, Senin (01/08/22). (Foto : Istimewa)

DepokNews – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Sukamaju Baru berkolaborasi dengan salah satu toko retail dan stakeholder terkait mengadakan pemeriksaan kesehatan bagi warga di wilayahnya, Senin (01/08/22). Kegiatan tersebut disambut antusias warga.

Kepala UPTD Puskesmas Sukamaju Baru, Zulfa Yuliza mengatakan, kegiatan ini menggunakan dana Corporate Social Responsibility dari Alfamidi yang ada di wilayahnya.  Kuota dibuka untuk 100 orang, namun karena antusias warga cukup tinggi sehingga mencapai 109 orang.

“Sebenarnya masih banyak yang minta pemeriksaan, cuma alat kita terbatas. Pemeriksaan mencakup, berat badan, tekanan darah (tensi), pemeriksaan laboratorium gula darah, asam urat, kolesterol,” tuturnya, Senin (01/08/22).

Dia menjelaskan, dari pemeriksaan tersebut didapatkan hasil 35 orang hipertensi, tiga orang kolesterol, enam orang asam urat dan 12 orang memiliki gula darah yang tinggi. Sedangkan 34 orang dinyatakan sehat.

“Iya bagi yang bermasalah dengan hasil pemeriksaan kita imbau untuk lanjut kontrol ke puskesmas,” ucapnya.

Selain kontrol, kata Zulfa, kesehatan, akan ada juga konseling kesehatan di puskesmas. Cara untuk hidup sehat, dmulai dari makanan, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), olahraga dan tidak lupa melakukan pemeriksaan lab.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan mengintegrasikan dengan Prolanis atau Program Pengelolaan Penyakit Kronis. Program besutan BPJS Kesehatan ini dapat memfasilitasi pemeriksaan kesehatan rutin bagi para pengidap penyakit kronis. 

“Kami juga sosialisasi cegah penyakit tidak menular dengan perilaku CERDIK. Cek kesehatan, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet seimbang dan Kelola stress,” terangnya.

“Semoga dengan upaya tersebut kualitas kesehatan masyarakat Sukamaju Baru dapat meningkat,” tandasnya. 

Sumber: depok.go.id

Previous articleBawaslu Depok Awasi Pendaftaran Parpol 24 Jam
Next articleTerkait Masalah Calon RW Terlibat Politik, Ini Penjelasan Wakil Wali Kota Depok