DepokNews – Pada hari Ahad 25 (Juni 2022) digelar kegiatan relaunching posyandu remaja (posmaja) aktif RW 003 Kelurahan Mekarsari Cimanggis, Depok. Hadir aleg PKS Depok Sri Utami, Lurah Mekarsari, Ketua TPPKK, pengurus Puskesmas, Ketua RW 003, Pembina PKK, dan para remaja setempat.

Dalam sambutannya, anggota DPRD Depok Dapil Cimanggis Sri Utami mengapresiasi pengaktifan kembali posmaja ini. Karena posmaja ini merupaka amanat Permendagri Nomor 19 Tahun 2011 dan juga Perda Nomor 17 Tahun 2017 tentang Sistem Kesehatan Daerah.

Menurut Bu Uut, sapaan akrab Sri Utami, remaja penting menjadi pemuda. Selama ini posyandu identik dengan bayi, bumil (ibu hamil), dan busui (ibu menyusui) yang sudah sangat baik dalam implementasinya. Demikian juga posbindu yang memberikan perhatian kepada lansia. “Sementara, remaja justru seperti absen dari perhatian kita. Padahal remaja tidak kalah serius tantangannya selain masalah kesehatan sehari-hari yang rutin, seperti gizi, anemia. Yang tidak kalah penting adalah masalah NAPZA, seks bebas, pernikahan dini, kehamilan, dan lain-lain,” imbuhnya.

Untuk itu, menurut Bu Uut, mengaktiflan.remaja di posmaja penting. “Posmaja hadir dari remaja untuk remaja. Di Mekarsari baru ada 3 posmaja. Saya berharap semua RW segera dibentuk posmaja. Ini juga untk mengantisipasi terjadinya stunting, karena remaja harus dapat bekalan pengetahuan tentang konsekuensi kehamilan yang tanpa persiapan dan pengetahuan,” pungkasnya. (Hai)

Previous articleDinkes bersama Sejahtera Optik Sediakan Layanan Periksa Mata pada Peringatan HLUN 2022
Next articleAleg PKS Depok Hafid Nasir Berharap Kali Mati/Kering bisa Dimanfaatkan untuk Budi Daya Tanaman atau Ikan