Rumah Khusus Isolasi Mandiri Pasien Covid-19 Mulai Dioperasikan Pekan Depan, Ini Lokasinya

DepokNews- Berbagai persiapan tengah dilakukan guna memaksimalkan fungsi dari Rumah khusus isolasi mandiri bagi pasien Covid-19. Rumah Isolasi yang terletak di RT 03/RW 03 Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji ini akan dioperasikan mulai pekan depan.

“Persiapan saat ini masih renovasi. Untuk target, diperkirakan Senin (02/11) bisa diterima pasien atau paling lama hari Rabu (03/11),” ujar Perwakilan Tim Health Care Barisan Bangun Negeri (HCBBN), Madha Afiatin pada Selasa (27/10/20).

Madha menyebutkan, kriteria pasien yang dapat menempati rumah isolasi tersebut diantaranya hasil swab PCR positif, memiliki kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kelas III atau Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Bagi pasien yang tidak memiliki Kartu BPJS akan disurvei rumahnya untuk mengetahui kondisi yang sesungguhnya. Kriteria yang diutamakan ialah pasien yang tidak memiliki penyakit penyerta.

Dirinya mengatakan, dirumah isolasi mandiri ini akan disediakan fasilitas rumah sakit yang bekerjasama dengan Puskesmas setempat. Kemungkinan jumlah pasien yang dapat ditampung sebanyak 8-15 orang.

Terakhir, Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Umi Zakiati mengatakan, pihaknya akan melakukan pemantauan pasien di rumah singgah tersebut hingga benar-benar pulih dan dinyatakan negatif Covid-19