Rumah Sakit Depok Siapkan Layanan Konsultasi Kesehatan Psikologis Bagi Caleg Gagal di Pemilu 2024

DepokNews- Rumah Sakit Umum Daerah Khidmat Sehat Afiat (RSUD KiSA) Kota Depok telah mempersiapkan layanan konsultasi kesehatan psikologis khusus untuk calon legislatif (Caleg) yang mengalami stres atau tekanan mental akibat kegagalan dalam Pemilu 2024.

Direktur RSUD KiSA Kota Depok, Devi Maryori, mengonfirmasi kesiapan rumah sakit dalam memberikan dukungan psikologis kepada para caleg yang menghadapi tantangan mental.

“RSUD KiSA Kota Depok siap melayani para caleg yang gagal di Pemilu 2024,” ujar Devi Maryori.

Rumah sakit tersebut menyediakan layanan konsultasi masalah psikologis dengan melibatkan dokter spesialis kedokteran jiwa atau psikiater. “Dokter tersebut akan memeriksa dan mendiagnosa tingkat masalah kejiwaan yang dialami pasien,” jelasnya.

Devi Maryori juga menegaskan bahwa RSUD Kota Depok memiliki dokter spesialis psikolog, yaitu dr. Diana Papayungan, Sp.KJ, yang bertugas sebagai psikiater di Poliklinik Psikiatri. “Konsultasi dilakukan di Poliklinik Psikiatri, akan dilihat tingkat ketahanan mentalnya dan banyak lagi modalitas terapi yang dapat diberikan,” tambahnya.

Adapun layanan konsultasi kesehatan psikologis melibatkan pendampingan psikoterapi, serta jika diperlukan, pemberian obat psikofarmaka. “Pemeriksaannya antara lain pendampingan psikoterapi, dan jika dibutuhkan, pemberian obat-obatan psikofarmaka untuk memperbaiki kembali kondisi mentalnya, agar dapat berfungsi kembali seperti sediakala,” papar Devi Maryori.

Meskipun demikian, RSUD Kota Depok tidak menyediakan ruang rawat inap khusus bagi pasien dengan gangguan jiwa. “Kalau masih bisa ditangani untuk terapi, ya terapi dulu. Tetapi kalau perlu perawatan, kami bisa merujuk ke RS Marzoeki Mahdi dan rumah sakit yang menyediakan perawatan kejiwaan,” ungkap Devi Maryori.

Layanan ini diharapkan dapat memberikan bantuan dan dukungan yang efektif bagi para caleg yang mengalami tekanan mental akibat kegagalan dalam perhelatan Pemilu 2024.