Salimah Depok Gelar Pelatihan Bimbingan Rohani Pasien bagi Relawan

Depok (17/12) – Departemen Dakwah PD Salimah Kota Depok bekerjasama dengan Institut Kesehatan dan Teknologi PKP DKI Jakarta, hari ini (17/12) menggelar kegiatan Pelatihan Bimbingan Rohani bagi Relawan, di Masjid Agung Al Muhajirin Jl. Nusantara Raya Depok.

Kegiatan dihadiri 50 peserta calon relawan, perwakilan dari 10 kecamatan di Kota Depok.

PROMO AKHIR TAHUN GRATIS FRAME CUKUP BAYAR LENSA SAJA

Ketua Salimah Depok, Ustzh Nur Komariyah, S. Sos.I, dalam sambutannya menyambut niat baik dan memotivasi para peserta yang bersedia membaktikan sebagian waktunya untuk menjadi relawan.

Ustzh Husna, M. Ag sebagai Ketua Departemen Dakwah Salimah Kota Depok sekaligus pembicara pertama, menyampaikan Metode Bimbingan Rohani Islam di Rumah Sakit, yang selama ini telah dilakukan Salimah Kota Depok.

Pemenuhan Kebutuhan Spiritual Pasien Bagi Petugas Bimroh, disampaikan Ns. Nedra Wati Zaly, S. Kep, M. Kep. sebagai nara sumber kedua.

Di sesi kedua ini banyak hal yang belum banyak diketahui peserta dalam hal praktek pelaksanaan. Seperti bagaimana melakukan spiritual care pada pasien, termasuk membantu pasien melakukan ibadah (sholat wajib) di RS.

Hal ini sering luput dari perhatian msyarakat awam. Apalagi jika pasien memerlukan penanganan khusus seperti tidak boleh terkena air, tidak mampu melakukan gerakan tertentu dsb. Akhirnya ibadah sholat pun ditinggalkan karena ketidaktahuan, baik dari pasien maupun keluarganya.

PD Salimah Depok telah menjalin kerjasama Bimbingan Rohani bagi pasien rawat inap dengan dua rumah sakit di Kota Depok, yaitu RSUD Depok dan RS Simpangan.(SR)

Published
Categorized as Ragam