Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggelar lomba olahraga tradisional Ketapel yang diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Depok di Lapangan Balai Kota Depok, Jumat (12/08/22). Lomba tersebut diadakan dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77. (JD01/EUD02)

DepokNews – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengadakan sejumlah lomba olahraga tradisional. Meliputi lomba ketapel, lomba engrang, lomba balap karung, terompah panjang dan lomba junjung tampah, 

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, berbagai perlombaan tradisional itu bukan hanya sekadar rekreasi, tetapi juga memiliki semangat daya juang.

“Ragam permainan tradisional khas 17 Agustus memiliki semangat daya juang, juga bagian perjuangan yang intinya bela negara dalam nuansa sekarang,” ujarnya di lapangan Balai Kota, Jumat (12/08/22).

Mohammad Idris berharap, dengan adanya berbagai lomba tradisional tersebut dapat melestarikan permainan olahraga tradisional tanah air. Serta mengenalkannya kepada masyarakat.

“Tentunya harus diperkenalkan ke masyarakat. Sebab mereka (ASN Perangkat Daerah) yang mengikuti lomba rata-rata tokoh di lingkungan masyarakatnya,” jelas.

“Lomba tradisional seperti ini yang sudah pudar. Tetapi saya tanyakan tadi, komunitas Ketapel di Kota Depok sudah hampir 300-an orang, bahkan sudah masuk ke event Jawa Barat, ini yang perlu disosialisasikan ke masyarakat,” sambungnya.

Selain lomba permainan tradisional, pada rangkaian perlombaan tersebut juga diadakan Depok Culture Fashion Show yang menampilkan motif-motif Batik khas Kota Depok. Menurut Mohammad Idris, event ini menjadi salah satu cara mensosialisasikan ragam motif batik Kota Depok.

“Dengan Fashion Day ini memperkenalkan ke teman-teman (ASN) tentang motif-motif batik Depok. Tentunya dengan dibentuk dengan berbagai gaya, seperti casual,” tutupnya. 

Sumber: depok.go.id

Previous articleMeriahkan Depok Culture Fashion Show, Kepala PUPR Desain Busana Kebaya Sendiri
Next articleDepok Culture Fashion Show Jadi Ajang Promosi Pakaian Khas Depok