DepokNews, Jatijajar- Menjelang hari raya Idul Fitri, Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono mengunjungi puluhan penyandang disabilitas tunanetra   yang berlokasi di RT.02 RW. 04 Kelurahan Jatijajar Kecamatan Tapos Kota Depok pada harI Sabtu (30/4/22). Kunjungan itu guna memenuhi undangan acara Silaturahmi Donatur dan Santunan Disabilitas Keluarga Tuna Netra Yayasan Isbatuna. 

Sekira 50 orang hadir dalam acara tersebut dengan penerapan prokes diantaranya peserta diharuskan memakai masker.

Acara santunan juga dihadiri oleh Camat Tapos Abdul Mutolib, Lurah Jatijajar Mujahidin, Dewan Pembina Pengurus Yayasan Isbatuna Prihandoko, Ketua Yayasan Isbatuna Puguh Widodo, Perwakilan Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) yaitu Hadi Rahmawadi, Ketua DPC PKS Kecamatan Tapos Mamuri Raskaman, Pengurus lingkungan RT RW.04, dan para donatur.

Pada kesempatan tersebut Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono menyampaikan pesan hikmah Ramadhan yang mengulas soal puasa.

“Puasa itu bukan sekedar fisik menahan lapar dan haus, tapi ada nilai-nilai keimanan yang Allah tanamkan pada kita. Puasa yang kita lakukan bukan karena materi tapi karena ada pahala surga,” tutur Imam.

Puasanya kita itu karena iman. Dan iman itu tidak hanya percaya, lanjut Imam.

“Iman itu adalah yakini dalam hati, ucapkan dengan lisan, dan diamalkan dalam perbuatan,” jelas Imam.

Wakil Walikota Depok dalam sambutannya  mengatakan bahwa pemerintah Kota Depok mendukung kegiatan sosial yang dilakukan Yayasan Isbatuna. 

“Kegiatan ini sesuai dengan program kami yaitu pemberdayaan disabilitas. Disabilitas ini banyak ya, ada yang tunanetra, lalu tuna rungu  dan lain sebagainya kalau ada tolong pak camat , pak lurah datanya disampaikan ke kami, akan menjadi prioritas untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah Kota Depok melalui Kartu Depok Sejahtera atau KDS,” urai Imam.

Selanjutnya penyerahan bingkisan santunan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Walikota Depok kepada tiga penghafal Alqur’an Yayasan Isbatuna. Di samping santunan , acara diisi ceramah agama oleh Ustad Abdul Latif Hatam.

Ketua Yayasan Isbatuna Puguh Widodo usai acara mengungkapkan, santunan tunanetra diperuntukan bagi 62 tunanetra yang sudah menghafal Alquran. 

“Dari 62 orang penghafal Alquran  saya bersyukur ada empat tuna netra yang sudah hafal 30 juz. Kita kasih reward berupa santunan paket bantuan sembako, alat speaker digital Alqur’an dan sejumlah uang sebagai apresiasi terhadap semangat mereka dalam menghafal Alquran,” jelas Puguh Widodo, Ketua Yayasan Isbatuna.

Puguh menjelaskan kehadiran Wakil Walikota Depok merupakan anugerah dan dapat memberikan motivasi baginya dan pengurus Yayasan Isbatuna.

“Alhamdulillah, kehadiran Pak Imam ini anugerah dan menjadikan motivasi buat kami untuk lebih baik lagi dalam melayani kebutuhan para disabilitas tunanetra,” ungkap Puguh.

Seorang tunanetra Maryono (46 tahun) warga Sukatani merasa bersyukur dengan kepedulian Yayasan Isbatuna dan pengurusnya terhadap tuna netra selama ini dalam membimbing membaca Alquran dan bantuan kebutuhan hidup.

“Alhamdulillah sedari awal ada Isbatuna saya merasa bersyukur mendapatkan bimbingan pembinaan keagamaan dan bantuan ekonomi. Sekarang perkembangannya pesat, harapan saya mudah-mudahan lebih baik lagi, ” tutur Maryono.

Pria tunanetra yang sudah 20 tahun tersebut menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Wakil Walikota Depok yang akan menyempurnakan bantuan kepada Yayasan Isbatuna Depok.