DepokNews–Sebanyak dua personel Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dikirim untuk mengikuti kegiatan pelatihan penanggulangan bencana yang dilaksanakan Komando Resor Militer (Korem) 051/Wijayakarta. Kegiatan dilaksanakan di Kawasan Meikarta, Cikarang selama dua hari, terhitung sejak 28-29 November 2022.

“Ya, kami kirimkan dua personel Satgas untuk mengikuti kegiatan pelatihan gabungan penanggulangan bencana. Selain Satgas DPUPR, ada juga Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok serta Kodim 0508/Depok dan Babinsa,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty, Selasa (29/11/22).

Dikatakannya, bentuk pelatihan berupa penyiapan posko bencana, posko dapur umum serta tenda untuk pengungsi. Adapun peserta berjumlah kurang lebih 100 orang yang merupakan gabungan dari Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Kota Depok.

“Setelah kegiatan pelatihan gabungan ini, akan ada pelatihan serupa yang dipusatkan di kota/kabupaten masing-masing. Untuk Kota Depok InsyaAllah akan dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 1-2 Desember 2022 di Situ Rawakalong,” terangnya.

Sementara itu, Koordinator Lapangan Satgas DPUPR Rahmat Syarifudin yang ikut dalam pelatihan tersebut mengatakan, setelah materi, pihaknya diberikan pelatihan praktik evakuasi untuk menyelamatkan korban dari bencana banjir. Kemudian, memberikan pertolongan pertama pada korban.

“Dari pelatihan ini kami mendapatkan banyak pengalaman serta pengetahuan bagaimana cara untuk memberikan penanganan yang tepat dalam mengevakuasi korban bencana. Mudah-mudahan ilmunya bermanfaat dan bisa dipraktekan langsung jika terjadi bencana,” tutupnya.

sumber: https://berita.depok.go.id/satgas-dpupr-ikuti-pelatihan-penanggulangan-bencana-korem-051wijayakarta

Previous articleAjak Gunakan DSW, Diskominfo Buat Challenge A Day in My Life in Depok
Next articleCiptakan Pendidikan Aman dan Nyaman Bagi Siswa, Disdik Gelar Sosialisasi Pencegahan Perundungan