Sekolah Alam Indonesia Meruyung Depok mengadakan Seminar “Inovasi Batik Indonesia untuk Dunia”

DepokNews–Sabtu 7 Oktober 2023 dalam rangka hari Batik Nasional Sekolah Alam Indonesia Meruyung Depok mengadakan Seminar “Inovasi Batik Indonesia untuk Dunia”. Acara yang di inisiasi siswa SD kelas 5 bersama orang tua siswa ini menghadirkan founder sekaligus CEO batik sakera Ibu Suci Wijayanti, perwakilan yayasan Batik Indonesia Dr H Komarudin kudiya dan dari Balai Besar kerajinan dan Batik Bpk Agus Haerudin ST.MT.

Ketua panitia Bpk Khoirul Arsaka menyampaikan “Agenda seminar ini penting diadakan untuk kita dan penerus kita khususnya anak anak kita agar lebih mengenal lagi budaya Indonesia khususnya Batik yg mana juga sudah cukup luas dikenal didunia internasional sebagai budaya Indonesia. Maka kita harus terus mengenalkan dan mengedukasi anak anak kita agar nantinya tidak punah dan terus dikembangkan”.

Selain seminar dalam acara juga ada fashion Show Batik, pembagian buku “Batik & Sejuta Impian”,pameran mading karya batik anak anak,dan juga lomba mewarnai Batik juga parade pantun bertema batik.

“Batik kini sudah menjadi kekayaan Indonesia dan sudah diakui oleh UNICEF sejak 2009, bahkan ulama secara filosofi membahas tentang batik ini dari huruf BA dan Titik (Bismillah)”. Dialog terkait kebatikan ini harus terus disampaikan kepada anak anak kita agar terus terjaga kebudayaan kita. Ini juga menjadi konsen sekolah Alam ketika membahas batik karena ada kaitannya juga dengan limbah namun ini panjang pembahasannya butuh waktu diluar agenda ini. Dan saya mengapresiasi agenda kali ini yang merupakan agenda yang diinisiasi oleh anak SD kelas 5 juga bersama orang tua untuk menunjang kegiatan Belajar Mengajar” ucap Bapak Haris selaku ketua sekolah Alam Indonesia Meruyung dalam sambutannya.

Mari kita jaga cagar budaya kita salah satunya yakni Batik. Semoga kebudayaan Indonesia lebih dikenal lagi dikancah Internasional.