Semarakkan Bulan Ramadhan, SDN Sukatani 5 Tapos Adakan Sanlat dan Santunan Anak Yatim Dhuafa

Depoknews, Tapos – Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah, SDN Sukatani 5 yang berlokasi di RT.05 RW.022 Kelurahan Sukatani Kecamatan Tapos Kota Depok mengadakan pesantren kilat dan santunan anak yatim dhuafa pada Jum’at (14/4/2023).

Kegiatan pesantren kilat dan santunan anak yatim dhuafa merupakan bagian dari rangkaian acara Semarak Ramadhan 1444 Hijriah yang diadakan SDN Sukatani 5 dari tanggal 12 April sampai 14 April 2023. Rangkaian acara lainnya adalah pawai menyambut Ramadhan, ceramah dongeng, dan berbagi takjil.

Hadir di acara puncak Semarak Ramadhan 1444 Hijriah SDN Sukatani 5 Tapos pada Jum’at (15/4/2024) yaitu Kasie Kurikulum bidang SD Syahril Simamora S.Sos MM, Pengawas Pembina Heti Agustiawati SPd MM, Kepala UPTD SDN Sukatani 5 Tapos Screen Listina SPd. MPd, Ketua Komite Sekolah Dewikawati, Korlas kelas 1-6, para Purnabakti KS dan guru-guru.

Kepala Sekolah SDN Sukatani 5, Screen Listina SPd. Mpd mengatakan pesantren kilat diadakan selama 3 hari dan diikuti siswa kelas 1 sampai kelas 6. Tujuannya agar siswa memahami ilmu agama dan pembelajaran nyata di lingkungan sekolahnya.

“Seluruh siswa ikut kegiatan pesantren kilat yang diadakan SDN Sukatani 5. Di hari pertama dan kedua siswa Kelas 1 sampai 6 dari pagi hingga waktu Dzuhur. Sedangkan di hari ketiga kelas 4,5,6 dari pukul dua mengikuti sanlat sampai sore,” ujar Screen Listina usai buka puasa (14/4/2023).

“Tujuan dari kegiatan pesantren kilat ini adalah mendidik siswa agar paham ilmu agama dan menjalankan perintah agama di kehidupannya sehari-hari,” tambah Screen Listina.

Masih kata Screen Listina, pihak sekolah menyampaikan terima kasih kepada semua pihak sehingga acara Semarak Ramadhan SDN Sukatani 5 Tapos sukses berjalan lancar.

“Saya selaku kepala sekolah SDN Sukatani 5 mengucapkan terima kasih kepada Kasie Kurikulum SD Disdik Kota Depok, pengawas, komite korlas kelas 1 sampai kelas 6, guru-guru dan pegawai, serta anak-anak didik SDN Sukatani 5. Alhamdulillah acara berjalan baik dan lancar,” ucap Screen Listina.

Dinas Pendidikan Kota Depok melalui Kasie Kurikulum dan Evaluasi SD Syahril Simamora S.Sos MM memberikan apresiasi kegiatan keagamaan yang diadakan oleh SDN Sukatani 5.

“Acara ini sangat bagus bagi anak-anak. Dengan acara ini dilakukan pembinaan kepada anak kita mengenai kerohanian di bulan Ramadhan diantaranya bisa beramal ibadah, bisa dapat ilmu, dan bisa berakhlak mulia. Mudah-mudahan dengan ini untuk bekal mereka dalam nanti menghadapi bulan-bulan setelah bulan Ramadhan. Ini yang paling penting,” ungkap Syahril.

Tentunya, lanjut kata Syahril, Disdik Kota Depok mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini karena ini bagian dari pembinaan akhlak kepada anak-anak bagian daripada pendidikan agama.

“Ini adalah salah satu rangkaian dari akhlak mulia yang harus mereka dapatkan sebagai bekal hidup,” tuturnya.

Syahril berharap kegiatan Semarak Ramadhan SDN Sukatani 5 berlanjut dan diikuti oleh sekolah-sekolah lain.

“Harapannya agar kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dan juga sekolah-sekolah lain bisa melaksanakan hal yang sama agar semua sekolah dapat melakukan pembinaan rohani.” pungkas Syahril. (shl)

Published
Categorized as Ragam