Bertempat di Stadio Alam TVRI, Sukmajaya Depok Sabtu, 1 Oktober 2022 berlangsung acara Silaturahim Akbar & Training For Instruktur (TFI) Komunitas Senam Nusantara (KSN) se Depok.

Peserta adalah para alumni-alumni hasil Training For Instruktur (TFI) dan Instruktur dari tiap kecamatan se Depok.

Info Lengkap Pelayanan Optik Sejahtera Klik Disini

Lebih dari 100an peserta hadir mengikuti acara tsb. Diantara rangkaian kegiatannya adalah Drill Senam Nusantara 1 dan 2, evaluasi dan perbaikan gerakan senam yang benar, talk show, dan penyampaian materi kesehatan dan kebugaran.

Dalam acara ini dihadiri oleh Wakil Walikota Depok Ir.Imam Budi Hartono beserta isteri, anggota DPR RI Hj.Nur Azizah Tamhid, BA, MA beserta suami DR.Ir Nur Mahmudi Ismail, Msc, anggota DPRD kota Depok Hafidz Nasir, Bp. Sartono Pengawas KSN Kota Depok, Camat Sukmajaya dan Coach Defrizal Siregar selaku Pembina KSN Pusat.

Dalam kesempatan acara Dedi Sarwanto, Amd , selaku Ketua KSN Kota Depok menyampaikan bahwa Komunitas Senam Nusantara (KSN) adalah salah satu komunitas senam di kota Depok, dengan Induk Organisasi ORKI (Olah Raga Kebugaran Indonesia) KSN yang focus ke olah raga senam adalah organisasi yang independen, professional dan mandiri. KSN anggotanya adalah masyarakat yang cinta kesehatan serta kebugaran dan para Instruktur hasil Training for Instruktur se kota Depok, mereka diharapkan menjadi duta-duta kebugaran, serta menjadi partner Pemerintah untuk mengajak masyarakat menjadi sehat bersama dan bugar sepanjang usia.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Ir.Imam Budi Hartono (IBH) menyampaikan apresiasi kepada KSN karena akan membantu program pemerintah dalam sektor kesehatan warga. IBH menyampaikan pesan agar bisa memperbanyak Instruktur-instruktur KSN. Karena dengan maraknya kegiatan KSN akan meningkatkan IPM masyarakat kota Depok. Dalam kesempatan sambutannya juga IBH memberikan masukan agar bisa ditambah Intsruktur milenial dan instruktur laki-laki.

Kedepan KSN diharapkan bisa mendaftar ke KORMI ( Komite Olah Raga Rekreasi Masyarakat Indonesia ) seperti komunitas senam lainnya.

Dalam kesempatan talk show kegiatan ini Sartono selaku Pengawas KSN Kota Depok memberikan perkembangan yang cepat di setiap wilayah kecamatan se kota Depok.

Sartono menyampaikan sudah ada 104 Instruktur KSN dan sudah membina di 102 titik di wilayah kota Depok. Di setiap titik ada 20-40 peserta, bahkan ada beberapa titik yang lebih dari 50 orang

Komunitas Senam Nusantara ini diharapkan akan mendukung program pemerintah. Depok masuk no 3 dalam hal Indek Pembangunan Manusia (IPM). IPM merupakan indikator kemajuan suatu kota yang salah satu komponennya adalah angka harapan hidup yang tinggi. Dengan maraknya kegiatan KSN maka akan berkontribusi pada kesehatan warga, warganya sehat dengan olah raga secara rutin insya Allah akan meningkatkan produktifitasnya. Ke depan target KSN bisa membentuk titik senam di seluruh RW se kota Depok sejumlah 925 titik dimana ini bisa merepresentasikan RW se Depok. Sartono juga mengusulkan agar pemerintah kota juga bisa memberikan perhatian kepada pegiat-pegiat olah raga, sebagaimana para pembimbing Rohani juga mendapat perhatian dengan diberikan insentif dari Pemkot Depok.

Anggota DPRD Kota Depok, Hafidz Nasir juga menyampaikan apresiasi atas keberadaan KSN yang sudah ada mewakili di setiap Kecamatan. Beliau menyampaikan IPM yang komponennya adalah pendidikan, pendapatan dan kesehatan dalam masa Walikota DR Nur Mahmudi Ismail sudah meningkat. Angka harapan hidup sudah mencapai 74,62 tahun.

Terakhir dalam acara Silaturahim Akbar Instruktur KSN, anggota DPR RI Ibu Hj. Nur Azizah Tamhid, beliau menyarankan agar masyarakat mulai menerapkan pola hidup sehat dan tentunya diharapkan KSN bisa menjadi media penyampai pesan moral tersebut dimana KSN yang memiliki jumlah peserta senam lebih dari 2500 an orang cukup strategis untuk menjadi duta kesehatan dan kebugaran bagi masyarakat. Bu NAT, panggilan akrab dari Bu Nur Azizah, sangat mendukung semua aktivitas kebaikan buat masyarakat termasuk yang dilakukan oleh KSN.

Tidak lupa Bu NAT juga memperkenalkan visi dan misi Aleg Pusat kepada para peserta sekaligus memberikan perhatiannya yang luar biasa kepada para peserta.

Bang Fai
Tim Media KSN se Depok

Previous articleHadir Dalam Acara Silaturahmi Bersama Instruktur Senam, Nur Azizah Tamhid Sampaikan Hal Ini
Next articleImam Budi Hartono Takziah Serta Turut Duka Cita Atas Wafatnya M. Lutfi Yang Tenggelam di Situ Sawangan