SIT Ruhama Gelar Berbagai Kegiatan Ramadhan Satu Bulan Penuh

DepokNews–Mengisi bulan Ramadhan 1444 H, Sekolah Islam Terpadu Ruhama yang berlokasi di Kp. Banjaran Pucung, Kelurahan Cilangkap, Tapos, Depok menyelenggarakan berbagai kegiatan. Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan warga sekolah serta menjalin keakraban dengan warga sekitar sekolah. 

Kegiatan tersebut diantaranya menyelenggarakan kegiatan sholat Tarawih dan Witir setiap malam selama bulan Ramadhan. Shalat Tarawih dan Witir ini diikuti oleh beberapa siswa dan guru serta warga sekitar sekolah. Yang menjadi imam sholat adalah guru-guru Al-Qur’an SIT Ruhama. Kegiatan ini mendapat respon yang cukup baik dari warga sekitar. 

Pihak sekolah juga menyelenggarakan kegiatan Sanlat (pesantren kilat). Sanlat buat siswa ini akan diselenggarakan pada tanggal 10 April 2023. Sanlat ini diselenggarakannya masih di area sekolah. Diharapkan dari kegiatan sanlat ini tumbuh kecerdasan spiritual siswa dan membentuk akhlaqul karimah sebagai seorang muslim.

Selain sholat Tarawih dan Witir berjamaah serta pesantren kilat, sekolah juga mengadakan buka puasa bersama siswa dan guru yang dilanjutkan dengan Mabit (Malam Bina Iman dan Takwa). Di acara Mabit ini, siswa akan diajak untuk melakukan muhasabah, tadarus Al-Qur’an, dan mendengarkan tausiyah dari guru-gurunya. Kegiatan santunan, buka puasa bersama dan mabit ini direncanakan dimulai pada hari Selasa sore, 11 April 2023 hingga Rabu pagi, 12 April 2023.

Selain itu, di bulan Ramadhan ini juga menjadi momentum untuk menumbuhkan rasa empati, simpati, peduli dan kasih sayang terhadap sesama hamba Allah yang kondisinya kekurangan. Di momen ini juga sekolah juga menyelenggarakan santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa yang ada di sekitar sekolah. 

Melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan siswa-siswi SIT Ruhama menjadi insan-insan yang berkarakter, bertakwa, peduli dan mengasihi terhadap sesama.

 Dr.H.Bambang Sutopo (sebagai Pembina Yayasan Pendidikan Ruhama) menyambuat baik atas terselenggaranya acara tsb, sebagai ajang pendididikan dan mengisi kegiatan amaliah bulan Ramadhan di  SIT Ruhama.

Published
Categorized as Ragam