DepokNews – Subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 telah terdeteksi di Indonesia. Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati mengingatkan kepada seluruh masyarakat Depok untuk disiplin 5M plus melakukan 1D sebagai upaya pencegahan.

“Untuk mencegah penyebaran Covid-19 subvarian baru tetap jalankan protokol kesehatan dengan 5M+1D,” tutur Mary, Selasa (14/06/22).

Lebih lanjut, Mary menjelaskan, 5M dilakukan dengan menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, dan menjaga jarak. Kemudian, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi dan interaksi.

Selanjutnya, ungkap Mary, untuk 1D dengan divaksin. Masyarakat diingatkan untuk melakukan vaksinasi dosis pertama, kedua, hingga booster.

“Kami terus mendorong masyarakat untuk segera melengkapi vaksinasi Covid-19 sampai dosis ketiga atau booster,” ungkapnya. 

Mary menambahkan, upaya pencegahan lainnya yang dapat dilakukan yaitu menghindari ruangan tertutup degan ventilasi buruk. Juga melakukan gaya hidup bersih dan sehat.

“Apabila bergejala, segera lakukan tes antigen maupun PCR,” pungkasnya. 

Sumber : depok.go.id