DepokNews — Untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1443 H, Kampus Depok Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan event “Syiar Ramadhan Kampus UI”.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam event tersebu, antara lain workshop kaligrafi dan seni baca Al-qur’an yang berlangsung pada tanggal 18-21 April 2022 di Masjid Ukhuwah Islamiyah Kampus UI Depok, pameran kaligrafi, sarasehan budaya dan Festival Seni Ramadhan (22- 24 April 2021) di Makara Art Center UI (MAC UI).

Event ini diselenggarakan oleh MAC UI bekerjasama dengan Direktorat Kemahasiswaan, Masjid Ukhuwah Islamiyah Kampus UI Depok, Asrama Mahasiswa UI, dan didukung oleh para musisi nasional yang tergabung dalam KOMUJI (Komunitas Musisi Ngaji) dan Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya (PPKB) FIB UI. Menurut Dr. Ngatawi Al-Zastrouw, Kepala MAC UI, event ini merupakan upaya membangun ekosistem kebudayaan di lingkungan sivitas akademika UI.

“Kita perlu menciptakan ruang perjumpaan dari berbagai perbedaan yang dapat menciptakan kebahagiaan bersama agar tercipta saling pengertian. Bulan Ramadhan adalah momentum yang tepat untuk menciptakan ruang perjumpaan tersebut. Melalui event Syiar Ramadhan Kampus UI kami berharap upaya tersebut dapat tercapai” kata Al-Zastrouw selanjutnya.

Selain itu, event ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan soft skill mahasiswa di bidang seni budaya. Dalam event tersebut, para mahasiswa dan sivitas akademika dapat bertemu dan belajar dengan para ahli yang mumpuni di bidangnya dan praktisi dari luar kampus UI.

“Event ini merupakan bagian dari penerapan konsep merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Para expert dan praktisi dari luar yang datang ke kampus UI dan memberikan pelatihan juga berdiskusi dengan para mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan soft skill mahasiswa, sehingga dengan demikian dapat mendorong reputasi dan pemeringkatan kampus UI,” kata Badrul Munir, Ph.D, Direktur Kemahasiswaan UI.

Sarasehan budaya yang akan diselenggarakan pada tanggal 23 April 2022 pukul 15.30 WIB ini akan membahas tema “Seni Religi di Era Digital”, menghadirkan pembicara Dr. Dr. Endah Triastuti (Dosen Komunikasi Fisip UI), Qaris Tajudin (Redaktur Senior Tempo dan Direktur Tempo Institute), dan Susy Iffaty (Aktivis Media dan PP Lesbumi NU).

Dalam kegiatan Festival Seni Ramadhan akan ditampilkan berbagai seni pertunjukan tradisional maupun kontemporer, diantaranya seni karinding dan Cigawira, Hadrah, Gambus, Kolintang, gamelan dan musik kontemporer. Para pengisi acara yang hadir diantaranya para artis Komuji, Kikan & Hanum, Panji Sakti, Budi Cilok, Gambus Ar-Romania, komunitas Adat Garut dan para seniman dari SKSG UI, FIB dan UKM UI.