Mohamad Nur Hidayat, S.Pd

Kota Depok adalah kota di Provinsi Jawa Barat yang secara geografis berbatasan langsung disebelah utara dengan ibukota negara Jakarta, serta berbatasan langsung disebelah timur dengan kabupaten Bekasi, sebelah barat dengan Tangerang selatan dan sebelah selatan dengan kabupaten bogor. Berdasarkan hasil sensus penduduk oleh BPS, penduduk kota Depok dihuni oleh sekitar 2juta jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi sekitar 3% per tahun, yang hal ini menyebabkan ketersediaan hunian perumahan kota Depok cukup banyak tak heran kota Depok menyandang sebagai Kota Permukiman atau kota Hunian.

Di Usia yang ke-22 tahun pada 27 April 2021 lalu kota Depok terus berbenah diri untuk menjadi kota yang layak huni dan nyaman, fasilitas umum terus dibangun seperti RSUD wilayah timur di kecamatan Tapos, Ruang Terbuka Hijau (RTH), Alun-alun Kota, 1 kelurahan 1 taman dengan fasilitas pendukung seperti Children Play Ground, Reflexology path, lapangan olahraga, dengan konsep taman terpadu yang mengakomodasi kebutuhan dari berbagai jenjang usia sehingga semakin menguatkan Depok sebagai kota Ramah Anak, Ramah Lansia dan Ramah Keluarga, selain itu RTH ini dimaksud untuk mengembalikan fungsi ekologis, biologis, sosial, ekonomi dan psikologis karena padatnya hunian.

Pemkot Depok juga telah menyelesaikan pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) di Jalan Boulevard Grand Depok City (GDC) Tirtajaya Kecamatan Sukmajaya. Sarana olahraga tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas berstandar nasional dengan luas 2.043 m2 dan mampu menampung 1.000 penonton, kemudian merevitalisasi setu ada setu pengasinan, setu jatijajar, setu cilodong, setu rawa kalong, setu rawa besar, setu bojongsari, setu citayam dan lain-lain selain sebagai tempat resapan air, setu-setu ini juga menjadi tempat destinasi wisata yang menarik warga kota Depok dengan udaranya yang sejuk dan indah dipandang.

Bagaimana dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Depok sebagai indikator utama keberhasilan pembangunan daerah, IPM kota Depok terus meningkat akhir tahun 2020 sudah mencapai angka 80,97 dengan target 82 diakhir tahun 2021. Pendidikan sebagai salahsatu komponen dalam IPM menjadi salahsatu titik perhatian pemkot Depok masa pandemi membuat dampak perubahan yang sangat besar terhadap sektor Pendidikan, semula proses

belajar dengan tatap muka tetapi kini proses KBM dengan cara daring/virtual dengan memanfaatkan fasilitas jaringan internet dan teknologi informasi & komunikasi.

Salahsatu upaya mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) Dinas komunikasi dan informatika (Diskominfo) memiliki program pemasangan wiFi gratis di 916 RW telah terpasang kurang lebih 1.500 titik di lokasi lokasi fasilitas umum dan ideal, program yang sangat baik ini merupakan bentuk dukungan untuk siswa dimana masa pandemi ini internet dan kuota merupakan suatu kebutuhan untuk mendukung dan memperlancar PJJ. Program Depok peduli Pendidikan juga dengan memberikan beasiswa bagi siswa miskin dan juga siswa berprestasi, belum lama ini pemkot merealisasikan janjinya memberikan Kartu Depok Sejahtera, beasiswa untuk 743 siswa SMA sederajat dengan menggelontorkan sekitar 1,4M untuk siswa miskin belum lagi Renovasi dan pembangunan sekolah dengan penambahan ruang kelas baru (RKB)

Di bidang Kesehatan, ditengah badai pandemi covid 19 yang melanda Indonesia juga menghantam kota kita tercinta, overview data per bulan desember 2021 total kasus positif 105.883 kasus, dengan total sembuh 103.689 kasus dan total positif meninggal 2.172 kasus. Langkah strategis satuan tugas penanganan Covid-19 kota Depok mengedepankan upaya promotif dan preventif dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk memutus mata rantai penularan covid-19, anjuran tetap dirumah saja, menerapkan protocol Kesehatan, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sampai membentuk Kampung Siaga Covid-19 (KSC) yang merupakan salahsatu inovasi kota Depok dalam meningkatkan peran aktif masyarakat. Upaya deteksi dengan melakukan tracing dan tasting, program swab antigen keliling sampai menyediakan tempat isolasi mandiri di Makara UI bagi pasien OTG. Alhamdulillah program Vaksinasi terus digalakan oleh pemkot Depok juga pihak swasta dan masyarakat sampai dengan akhir desember 2021 ini terus dilakukan.

Masih banyak lagi program-program pemerintah kota Depok mulai dari infrastruktur, budaya, ekonomi, UMKM, sosial serta sumber daya manusia dan alamnya yang sudah dilakukan dan tidak mungkin saya tulis semua, namun ditengah keberhasilan walikota & wakil walikota pasti ada keterbatasan mereka sebagai manusia tentunya dapat kita maklumi dan kita bisa kolaborasi untuk menutup atau meminimalisir kekurangan tersebut.

Dengan keseriusan pemerintah membangun, melayani dan memperhatikan warganya tentunya saya optimis ditahun 2022 pemerintahan kota Depok dibawah kepemimpinan walikota dan wakil walikota Depok Idris-Imam akan semakin maju, berbudaya dan sejahtera dan akan semakin banyak dampak kemajuan yang kita rasakan dari pembangunan di kota tercinta ini. Selamat Tahun Baru Masehi 2022, semoga tahun depan kita semua semakin baik dari tahun sebelumnya.

Previous articleCamat Sawangan Himbau Masyarakat Tidak Membuat Kerumunan Saat Malam Pergantian Tahun
Next articleUPKK PKS Cimpaeun Galakkan Pola Hidup Sehat Ceria Bersama Keluarga