Tiga RW di Depok Raih Penghargaan Program Kampung Iklim 2020 Tingkat Nasional

DepokNews- Prestasi membanggakan datang dari tiga rukun warga di Kota Depok, Jawa Barat, yang meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Utama 2020 tingkat nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Alhamdulillah, kami mengajukan tiga RW untuk diikutsertakan dalam Proklim dan tiga-tiganya mendapatkan sertifikat Proklim Utama Tahun 2020,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Ety Suryahati, Minggu (25/10).

Ety mengatakan, selama sembilan tahun terakhir, DLHK Kota Depok komitmen mengikuti Proklim yang diselenggarakan KLHK RI.

Pada 2020, tiga RW mendapat penghargaan kategori Proklim Utama, yaitu RW 01 Kelurahan Ratujaya, RW 10 dan RW 16, Kelurahan Baktijaya.

Dia mengatakan untuk kategori tersebut, terdapat 309 penerima yang terdiri atas 25 provinsi, 96 kabupaten, dan 37 kota madya se-Indonesia.

Dirinya berharap, raihan ini bisa memicu serta memacu wilayah lainnya untuk terus melakukan kegiatan terkait dengan pelestarian lingkungan.

Ketua RW 01 Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung Jaelani bersyukur atas sertifikat Proklim tingkat nasional itu.

“Kami sangat bersyukur, namun kita tidak boleh tinggi hati. Karena seyogyanya penghargaan ini hanya bonus, kita harus terus bergerak untuk lingkungan,” ujarnya.

Ia mengharapkan capaian itu bisa menjadi contoh untuk wilayah sekitar.

“Kegiatan berbasis lingkungan ini bisa jadi contoh yang baik untuk wilayah sekitar, juga sebagai bentuk edukasi kita terhadap anak-anak.

Mudah-mudahan kegiatan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan lingkungan ini, bisa bermanfaat untuk anak cucu kelak,” tandasnya.(mia)