Tim Pengabdian Masyarakan  Universitas Gunadarma Edukasi Kader Wirausaha “Markisa Manis” Kelurahan Mampang Kota Depok

DepokNews–Program Peningkatan Kapasitas Masyarakat melalui Edukasi Sistem Informasi Tingkat komponen Dalam Negeri (TKDN)-Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN)  Produk Mitra “Markisa Manis” dan IKM di wilayah Mampang, Pancoranmas, Kota Depok

Edukasi TKDN UMKM. Dalam rangka ikut menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Tim Pengabdian Kepada Masyarakan (PKM) Universitas Gunadarma melakukan program edukasi tentang TKDN kepada Kader Wirausaha “Markisa Manis” dan beberapa pelaku UMKM di kawasan Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas,Depok. Kegiatan yang dilaksanakan pada Hari Minggu 26 Desember 2023 di Rooftop Café Lidi ini diharapkan dapat mendukung program percepatan peningkatan penggunaan produksi dalam negeri.

Produk yang dihasilkan oleh Wirausaha “Markisa Manis” salah satunya adalah minuman sehat “Seeowrens” yang merupakan minuman dari sari buah markisa. Dr. Kartika Sari sebagai narasumber menjelaskan bahwa adanya sertifikat TKDN menjadi modal pelaku IKM untuk berpartisipasi dalam pengadaan barang atau jasa di pemerintahan. Selain menyampaikan tentang perlu nya TKDN untuk produk yang dihasilkan, beliau juga memberikan informasi terkait dengan Pengajuan pendaftaran untuk memperoleh sertifikat TKDN yang dapat dilakukan melalui Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) Kemenperin. Harapannya, produk minuman Sehat dari sari buah Markisa “Seeowrens” yang telah memiliki sertifikasi Halal dapat juga mendapatkan sertifikasi TKDN, hingga dapat menjadi salah satu produk andalan dan kebanggan Kota Depok.

Pada kesempatan ini Muhammad Fuad, MMSI menyampaikan pentingnya menggunakan tenaga kerja lokal yang berasal dari masyarakat sekitar lokasi produksi. Hal tersebut diharapkan dapat memberikan peningkatan pendapatan bagi masyarakat sekitar. Selain dua pembicara, tim lapangan PKM adalah Nurjuliani, M.S. Harlina, Sigit Widiyanto, M.S. Herawati, Sri Hayuningsih, dan Sisilia Prima dari kelompok dosen dari beberapa jurusan di Universitas Gunadarma. Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa sebagai volenter untuk melakukan pendampingan IKM untuk mendapatkan sertifikat TKDN melalu Sistem SIINAS Kemenperin.

Kegiatan Edukasi kepada masyarakat di Wilayah Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas Depok merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan berkolaborasi dari 7 program studi di Universitas Gunadarma. Selain edukasi tentang TKDN dan Sistem Informasi TKDN / SIINAS, juga dilakukan edukasi tentang Digital branding oleh tim dari Prodi Manajemen, pengelolaan keuangan usaha oleh tim dari prodi Akuntansi, pengembangan lahan untuk budidaya bahan baku minuman Seeowrens oleh tim prodi Arsitektur.