Tindak Lanjuti Instruksi Jabar, Dinkes Depok Minta UPT Puskesmas di Kota Depok Siaga

DepokNews – Mendekati hari raya Idulfitri, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengeluarkan instruksi kepada seluruh Puskesmas di Kota Depok. Dalam surat tersebut UPT Puskesmas di Kota Depok diminta untuk siap-siaga pada saat pelaksanaan Idulfitri 1442.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Depok, Enny Ekasari mengatakan dalam surat tersebut disampaikan UPTD Puskesmas harus melaksanakan kegiatan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) di pos kesehatan sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat.

“Terkait hal tersebut kami instruksikan kepada seluruh Kepala UPTD Puskesmas untuk menugaskan tim medis dan ambulans di titik penyekatan dan Pos Check Point dengan beberapa ketentuan yang sudah diberikan,” ujarnya. Senin (10/05/21).

Kemudian kesiap-siagaan pelayanan kesehatan di Puskesmas 24 jam dengan penyiapan tim gawat darurat.

“Serta evakuasi dengan menyediakan ambulans 24 jam,” ujarnya.

Selanjutnya, sambung Enny, melakukan pemantauan dengan lintas sektor terkait kesiapsiagaan tempat ibadah dalam penerapan protokol kesehatan terkait Covid-19. Lalu, berkoordinasi dengan lintas sektor untuk melakukan testing, tracing, dan treatment, terutama kepada warga dari luar kota.

“Puskesmas juga harus melakukan promosi kesehataan dan pemantauan pelaksanaan protokol kesehatan di semua tatanan masyarakat,” tandasnya.

Diketahui instruksi ini sebagai tindak lanjut surat dari Dinkes Provinsi Jawa Barat Tanggal 3 Mei 2021 Nomor 6747/KS.02.04/Yankes perihal kesiapsiagaan menghadapi Idulfitri 1442 H. Selain itu juga berdasarkan surat dari Polres Metro Depok tanggal 3 Mei 2021 NomorB/800/V/HUM.5.1/2021/Restro Depok perihal Rapat Koordinasi Ops Ketupat Jaya 2021.