Tingkatkan Keamanan, Pasar Rakyat Jabar Miliki 27 Titik CCTV

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Kadisdagin) Kota Depok Dudi Mi’raz memperlihatkan ruang kontrol cctv di Pasar Rakyat Jabar Juara, Kecamatan Sawangan, belum lama ini.

DepokNews – Guna mempermudah dan meningkatkan keamanan, Pasar Rakyat Jabar Juara di Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan telah dilengkapi dengan Closed Circuit Television (CCTV). Pemasangan CCTV dilakukan usai peresmian pasar pada April 2023.

“Pasar Rakyat Jabar Juara sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Salah satunya keberadaan CCTV untuk mempermudah pemantauan dan meningkatkan keamanan,” ujar Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Kadisdagin) Kota Depok Dudi Mi’raz, Senin (24/07/23).

Dikatakannya, upaya ini dilakukan juga untuk menyeimbangi era digitalisasi. Di mana CCTV dapat dipantau melalui ruang kontrol cctv dan merekam segala aktivitas di pasar selama 24 jam.

“Ada 27 titik CCTV yang kami pasang diberbagai sudut, juga los dan berfungsi seluruhnya. CCTV juga ada yang mengarah ke tempat parkir maupun fasilitas lainnya,” terangnya.

Dengan penggunaan kamera CCTV, kata Dudi, dapat mengurangi jumlah petugas keamanan dan ketertiban. Jadi penggunaan CCTV sangat efektif untuk pasar-pasar tradisional.

“Petugas tetap ada, fungsinya sama-sama mengontrol, namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Karena kami bisa melihat aktivitas pasar melalui CCTV,” tutupnya.

Sumber : depok.go.id