Vokasi Komunikasi Festival 2018 Berdayakan 39 UKM

DepokNews—Vokkom Fest (Vokasi Komunikasi Festival) sebagai bagian dari Program Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia berhasil berdayakan 39 UKM bidang produk, jasa, teknologi, dan lembaga penyiaran lokal/komunitas se-Jabodetabek dengan pembuatan program Komunikasi Pemasaran Terpadu.

Tahun ini, Vokkom Fest mendapatkan dukungan dana hibah dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia.

Kegiatan tahunan Vokasi Komunikasi ini diselenggarakan oleh dosen, asisten praktik, dan mahasiswa peminatan Humas, Iklan, serta Penyiaran angkatan 2017 Program Studi Komunikasi Pendidikan Vokasi UI.

Vokkom Fest memiliki tema yang berbeda setiap tahunnya. pada tahun 2018 ini, tema yang diangkat adalah “Tropical” dan dilaksanakan di Parkiran Vokasi UI.

Pijar Suciati, M.Si, Dosen Vokasi Komunikasi UI selaku koordinator kegiatan Pengabdian Masyarakat pada Senin (14/5) menyatakan, pada awal penyelenggaraannya di tahun 2013, Vokkom Fest adalah sebuah kegiatan bazaar marketing event yang meupakan nilai Ujian Akhir Semester dari mata kuliah Integrated Marketing Communication (IMC) bagi mahasiswa peminatan Humas dan Periklanan.

Namun, dimulai dari tahun 2017, Penyiaran pun ikut serta karena berdasarkan hasil riset dan FGD dengan industri penyiaran, lulusan penyiaran juga harus memiliki kemampuan pemasaran yang relevan dengan dunia kerjanya.

“Seriring dengan perkembangan dan evolusi dari kegiatan ini setiap tahunnya, semangat Vokkom Fest kini semakin menggelora, karena kami kini menjadikan Vokkom Fest sebagai wadah kegiatan Pengabdian Masyarakat dari Universitas Indonesia bagi UKM yang membutuhkan pemberdayaan bidang IMC untuk produknya”.katanya.

Mahasiswa di bawah supervisi dosen dan astek membuatkan rancangan kegiatan Komunikasi Pemasaran Terpadu untuk 39 UKM yang terlibat dalam Vokkom Fest 2018.

Program yang dibuatkan adalah program IMC yang low cost high impact seperti sales promotion, personal selling, public relations, advertising, experiential marketing yang hampir semuanya menggunakan platform digital seperti social media dan chat app.

Mahasiswa juga membantu para UKM untuk menjalankan program-program IMC yang sudah direncanakan selama tiga bulan, lalu melakukan evaluasi dan monitoring serta pendampingan kepada UKM agar mereka dapat menjalankan IMC dengan mandiri di kemudian hari.

Muhammad Zhafran pemilik RERU Street Food salah satu mitra UKM Vokkom Fest menyatakan,  sangat senang bisa menjadi bagian dari Program Pengabdian Masyarakat Vokkom Fest.

“Sekarang saya tidak bingung lagi bagaimana cara memasarkan dan memperkenalkan produk RERU Street Food kepada target khalayak sasaran. Saya dapat ilmu banyak nih! Terima kasih UI, terima kasih Vokkom Fest 2018””katanya.(aji)