DepokNews – Enam mahasiswa Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali meraih prestasi di ajang kompetisi internasional.

Ke-enam mahasiswa yang tergabung dalam tim UI Flying Car, mewakili Indonesia dan menjadi finalis dari 206 tim yang berasal dari berbagai negara yang berpartisipasi di Flying Car Design Competition, Teknofest 2021.

Acara ini diselenggarakan oleh Kementrian Industri dan Teknologi Turki, Turkish Technology Team (T3) Foundation, dan berkolaborasi dengan beberapa perusahaan mitra.

UI Flying Car merupakan tim yang dibentuk dari riset terkait Urban Air Mobility (UAM) atau mobil terbang (flying car) pada tahun 2020 sebagai wujud kolaborasi mahasiswa yang memiliki ketertarikan dalam pengembangan riset UAM.

Di bawah bimbingan dosen Departemen Teknik Mesin FTUI, Dr.-Ing. Mohammad Adhitya, S.T., M.Sc., tim UI Flying Car terdiri dari Muhamad Ilham Santoso (Ketua Tim), Mochamad Rifqi N.A., Yogasatya Adikhansa, Tristan Adhika, Khalfan Nadhief, dan Farhan Almasyhur.

“Mobil terbang (flying car) merupakan riset lanjutan dari Unmanned Aerial Vehicle (UAV) dimana perbedaannya terletak pada beban dan tujuan penerbangan. Dalam kompetisi ini, kami mengembangkan konsep riset dengan judul Fully Autonomous Tandem Quad Tilt-Wing Flying Car with Thermal Imaging Camera, 5G C-V2X Communication, and Advanced Cybersecurity System. Konsep mobil terbang ini dilengkapi dengan fitur handal untuk menjamin keamanan dan keselamatan pengguna dalam perjalanan dari satu titik ke titik lain,” ujar Rifqi (Ketua AUAV UI divisi Racing Plane 2019-2020).

“Pada Teknofest 2021, Indonesia mendapatkan kehormatan sebagai Guest of Honor. Selain berkompetisi, tim dari UI juga berpartisipasi mengisi paviliun Indonesia dalam pameran dari kompetisi tersebut. Kami berharap keikutsertaan UI dalam Flying Car Design Competition, Teknofest 2021 ini menjadi salah satu titik pengembangan teknologi mobil terbang di Indonesia menjadi lebih baik ke depannya,” ujar Ilham yang pernah menjabat wakil ketua tim Aeromodelling UI 2019-2020.

Previous articleJawara Pertanyakan Peran Kadin Depok Bagi UMKM
Next articleGelar Acara Maulid, Alumni SMPN 1 Sawangan Angkatan 89 Santuni Puluhan Anak Yatim