Wakili Kecamatan Sukmajaya, Posyandu Nuri RW 03 Raih Juara 1 Lomba Inovasi PHBS

Lurah Sukmajaya, Yedi (tengah) dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kelurahan Sukmajaya, Ai Hartati Yedi (tengah) bersama para kader Posyandu Nuri RW 03 Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya. (Foto: Istimewa)

DepokNews – Posyandu Nuri RW 03 Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya berhasil meraih juara I pada Lomba Inovasi Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Prestasi tersebut diraih karena kader kelompok kegiatan (poktan) PHBS di Posyandu Nuri berhasil memberikan edukasi 10 indikator PHBS kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, Posyandu Nuri RW 03 Kelurahan Sukmajaya mewakili Kecamatan Sukmajaya pada lomba Inovasi PHBS berhasil meraih peringkat pertama,” ucap Lurah Sukmajaya, Yedi, Rabu (15/03/23).

Dikatakan Yedi, kader poktan PHBS di Posyandu Nuri terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait 10 indikator PHBS, baik melalui Posyandu atau saat pertemuan di beberapa kegiatan. Adapun informasi yang disampaikan meliputi, persalinan di fasilitas kesehatan, pemberian ASI eksklusif, penimbangan balita setiap bulan, makan buah dan sayur setiap hari, dan melakukan aktivitas fisik.

Kemudian, tambah Yedi, indikator lainnya yaitu menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, serta memberantas sarang nyamuk minimal seminggu sekali. Serta menggunakan jamban sehat dan tidak merokok.

“Harapan kedepannya tidak hanya kader saja yang aktif penerapan PHBS, tetapi juga peran serta masyarakat untuk bahu membahu meningkatkan PHBS. Sehingga tidak hanya ceremonial saja dalam perlombaan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurahan Sukmajaya, Ai Hartati Yedi memberikan apresiasi kepada kader poktan Posyandu Nuri 03, khususnya Ibu Nelly yang sudah memberikan edukasi kepada masyarakat terkait PHBS.

“Terima kasih atas semangat yang sudah diberikan dan berhasil menjuarai lomba ini. Kami akan terus mendukung Posyandu Nuri 03,” ungkapnya.

Dalam hal ini, Ai mengungkapkan, kader poktan PHBS Posyandu Nuri 03 memberikan edukasi kepada masyarakat dengan menggunakan alat peraga. Sehingga, informasi yang disampaikan lebih mudah dimengerti masyarakat.

“Kader ini menjelaskan dengan gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin. Dengan harapan masyarakat memahami dan kemudian menerapkan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Sumber : depok.go.id