Wakili Kota Depok di Provinsi, Dua Siswa Capaska Bakal Kibarkan Bendera di Bandung

Capaska Kota Depok berlatih di Lapangan Balai Kota Depok. (Foto : Istimewa).

DepokNews – Dua siswa Calon Paskibraka (Capaska) terpilih mewakili Kota Depok, untuk mengibarkan Bendera Sang Saka Merah Putih di Bandung, Provinsi Jawa Barat pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia. Mereka di antaranya Sultan Aufa Razan dari SMAN 1 Depok, dan Sharlin Keysa Fatiha dari SMA Putra Bangsa. 

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny mengungkapkan, proses seleksi Capaska ini sudah dilakukan pada Januari lalu dengan proses yang ketat. Mereka diseleksi dari 29 SMA/sederajat se-Kota Depok. 

Dari proses seleksi yang dilakukan, terdapat 44 Capaska yang berhasil terpilih. Dari jumlah tersebut, empat orang dikirim untuk mengikuti seleksi Capaska tingkat Provinsi Jawa Barat.

 “Alhamdulillah, dari empat Capaska yang dikirim, ada dua orang yang terpilih dan lulus ke Provinsi Jawa Barat. Mereka akan mengibarkan bendera di Bandung. Untuk sementara ini, keduanya melakukan Pelatihan Baris Berbaris (PBB) di Depok,”Kata Lienda Ratnanurdianny, Senin (24/07/23)

Dikatakannya, pada 31 Juli 2023 akan ada pelepasan Capaska Provinsi Jawa Barat, untuk mengikuti pemusatan latihan di sana. Sementara sisanya akan mengibarkan bendera di Depok.

 “Dipastikan 42 Capaska ini sudah terpilih. Tinggal menunggu waktu pengukuhan pada 15 Agustus 2023. Pelatihan Capaska sudah berlangsung dua bulan lalu,”ungkapnya. 

Lebih lanjut, ungkap Lienda, dengan ketetapan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang baru, semua purna Paskibraka nantinya akan ditetapkan menjadi Duta Pancasila. Ketentuan ini berlaku mulai tahun ini.

“Purna Paskibraka ini akan diangkat oleh BPIP, kemudian nantinya dilantik menjadi Duta Pancasila,” tutupnya.

Sumber : depok.go.id