Wali Kota Depok Apresiasi Acara “Depok Mengaji” di Masjid Al-Awwal dan Taman Lembah Mawar Depok Jaya

Depok News – Komunitas Depok Mengaji menggelar acara “Depok Mengaji” di Masjid Al-Awwal Depok Jaya (Ahad, 9 April 2023). Acara yang dimulai jam 8.30 itu dihadiri sekitar 300 jamaah yang memenuhi area Masjid Al-Awwal.

Pemateri Ustadz Sofwan Abbas dalam kajiannya memulai dengan mengutip QS Al-Furqon ayat 30 yang artinya “Berkatalah Rasul: ‘Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku menjadikan
Al Qur’an ini suatu yang tidak diacuhkan’”.

Ustadz Sofwan memaparkan materinya tentang meningkatkan iman kepada Al-Qur’an. Lulusan Universitas Al-Azhar Kairo ini mengutip perkataan Abdullah bin Umar: “Kami beriman kepada Al-Quran dulu baru membacanya, sehingga
mengetahui dan mengamalkan isinya. Banyak orang yang membaca
dulu baru beriman, sehingga tidak tahu dan tidak mengamalkan
isinya.”
Ada beberapa poin penting yang dijabarkan Ustadz Sofwan yaitu: menambah cinta kepada Al-Qur’an; menautkan hati dengan Al-Qur’an; orang yang dijauhkan dari Al-Qur’an; berkorban untuk yang tercinta; menambah rasa butuh kepada Al-Qur’an; mensuasanakan seperti saat Al-Qur’an turun; meningkatkan tujuan berinteraksi dengan Al-Qur’an; menambah kemampuan bahasa Arab; beberapa keistimewaan bahasa Arab; belajar bahasa demi iman kita; memulai al-hifzhu at-tarbawi; hifzhul alfazh; hifzhul ma’na; memperkaya makna kata; murajaah makna; dan hifzhul amal.

Setelah kajian Al-Qur’an, acara dilanjutkan dengan kegiatan “Mengaji di Taman Lembah Mawar.” Para peserta berangkat dari Masjid Al-Awwal dan dilepas oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris.

Mohammad Idris dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui kedekatan kita dengan Al-Qur’an, maka Allah akan mengangkat derajat kita.

Wali Kota Depok yang biasa disapa Kiyai Idris ini juga mengutip sebuah hadis tentang amal apa yg paling dicintai Allah yaitu menghabiskan atau mengkhatamkan Al-Qur’an dari awal hingga akhir.

“Saya atas nama pribadi dan Pemkot Depok turut mengapresiasi acara ini dan punya harapan besar Depok bisa mendapatkan keberkahan. Insya Allah dengan acara seperti ini membuat Allah bahagia,” imbuhnya. Beliau mengutip surat Al-A’raf ayat 7 yang artinya “Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi,..”

“Saya berharap kegiatan ini bisa menular ke wilayah lainnya di kota Depok,” pungkasnya.

Sementara itu, peserta Depok Mengaji di Taman Lembah Mawar ditargetkan mengkhatamkan 2 juz dari jam 13.00 hingga jam 15.00. Para peserta tampak sangat khusyuk dan antusias mengikuti acara yang baru pertama kali diadakan di Depok ini.

Acara yang bertema ” Hidupkan Al-Qur’an di Hati Kita” ini juga dihadiri oleh aleg PKS Dapil Pancoran Mas Hafid Nasir, Camat Pancoran Mas Zikri Dwi Darmawan, Lurah Depok Jaya Herliana Maharani, Ketua MUI Depok Jaya (sekaligus Ketua Komunitas Depok Mengaji) Ustadz Imron Rosadi, dan Ketua DKM Masjid Al-Awwal H. Yudi Yanto. (hai)

Published
Categorized as Ragam