Yayasan Al-Hikmah: ITIKAF MOMENTUM BINA KARATER MURID

DepokNews–Kota Depok (4/4/2024). Dalam rangka semarakkan Romadhon 1445 H, Yayasan Pendidikan Al-Hikmah Cipayung Jaya, selenggarakan Pesantren Kilat (Sanlat). Kegiatan dilaksanakan di Masjid Al Hikmah Yusuf Asy’ari, Cipayung Jaya Kota Depok selama 3 hari (1-4 April 2024).

Dr. Sukron, Kepala SMPIT Al-Hikmah menyatakan. Kegiatan Sanlat dirangkai dengan Acara Itikaf 10 hari terakhir Romadhon. Tema kegiatan: Romadhon Momentum Pembinaan Karakter, Romadhon Bulan Berbagi dan Peduli.

Dengan adanya kegiatan ini para siswa bisa ditingkatkan kecintaan terhadap Al Qur’an. “Pembinaan karakter ini sangat penting. Sepuluh hari terakhir adalah malam turunnya Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah Firman Allah yang menjadi pedoman hidup manusia. Dan Rasul mempraktekkan akhlaknya berdasarkan Al-Qur’an. Dengan merenungi hal itu, ada karakter yang tertanam,” ujar Sukron menambahkan.

Luki Ahmad, Ketua Yayasan menjelaskan. Peserta yang ikut kelas 7, 8, dan 9. Jumlah 300 orang, dilakukan secara bertahap. “Ya, karena tempatnya terbatas. Kalau sekaligus bersamaan, malah kurang optimal,” ucapnya.

Luki menambahkan. Setelah 3 hari pertama untuk murid, kegiatan Itikaf dilanjutkan untuk para keluarga guru, yayasan, dan karyawan sekolah sebanyak 100 orang. Bahkan dikatakan, pengurus DPRA Cipayung disebutkan akan bergabung pada hari berikutnya.

Diminta pendapatnya, H.Pramono, peserta itikaf warga sekitar Al-Hikmah menyatakan sangat mendukung. “Kegiatan ini sangat baik. Terutama kepada para pelajar. Dengan ikut itikaf Insya Allah akan menguatkan kepribadian pelajar. Mereka belajar disiplin. Selain taraweh, jam 2 tengah malam harus bangun, tahajud. Mandiri baca Al-Qur’an, memperbanyak dzikir, berdoa, dan lainnya,” pungkasnya.

(SPB)