Penulis :Iin Nur Fatinah
1.Mengevaluasi bisnis
Siklus penjualan yang terencana dan konsisten dapat membantu melacak dan mengevaluasi aktivitas bisnis.
2.Menemukan fokus bisnis
Siklus penjualan dapat membantu mengetahui fokus bisnis yang perlu diperhatikan, seperti efektivitas saluran distribusi.
3.Meningkatkan pendapatan
Siklus penjualan yang efektif dapat membantu meningkatkan pendapatan perusahaan dengan menjual produk atau layanan kepada pelanggan.
4.Menarik pelanggan
Siklus penjualan yang efektif dapat membantu menarik lebih banyak pelanggan dan memperluas pangsa pasar.
5.Memenuhi kebutuhan pelanggan
Siklus penjualan dapat membantu tenaga penjualan menemukan kebutuhan dan sumber daya pelanggan.
6.Memperbaiki efisiensi
Siklus penjualan dapat membantu perusahaan melakukan efisiensi terhadap produk sehingga berdampak pada pengelolaan biaya.
7.Memulai dengan cepat
Bagi yang baru dalam penjualan, memahami siklus penjualan dapat membantu memulai dengan cepat.
8.Menemukan peluang perbaikan
Mengetahui tahapan penjualan yang berbeda dapat membantu menemukan peluang perbaikan dalam tahap-tahap tertentu.
9.Menemukan prospek berkualitas
Mengetahui dengan tepat jenis pelanggan yang dicari dapat meningkatkan peluang untuk menemukan prospek berkualitas
Nah, dengan mengenali siklus penjualan dan jenis penjualan bisnis anda tentu akan menjadi nilai tambah dalam perkembangan bisnis, karena dengan memiliki siklus penjualan yg konsisten & terencana,anda dapat lebih mudah mengevaluasi & melacak aktivitas bisnis.
Sebagaimana dalil dalam strategi penjualan dalam bisnis ekonomi islam :
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang bathil,kecuali dengan jalan perniagaan yg berlaku dengan suka sama suka diantara kamu, dan janganlah kamu membunuh dirimu,sesungguhnya Allah adalah maha penyayang kepadamu”.
(Qs. An-Nisa : 29).
Referensi
DR.Hj. Retina Sri Sedjati, Apt, M.M (2018), Manajemen Pemasaran.
DR.H. Nana Herdiana Abdurrahman, S.E.Ak, M.M (2015), Manajemen Strategi Pemasaran.