140 Balita di Jatimulya Wisuda Kelulusan Imunisasi Dasar Lengkap

DepokNews – Sebanyak 140 balita dari 14 Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Kelurahan Jatimulya menerima medali dan sertifikat kelulusan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL). Wisuda IDL merupakan bentuk penghargaan kepada balita-balita dan orang tua yang telah memberikan imunisasi lengkap kepada anaknya.

Lurah Jatimulya, Aripudin menjelaskan, Wisuda IDL juga salah satu kegiatan demi mendukung penyelenggaraan Kelurahan Layak Anak di Jatimulya. Dirinya mengapresiasi para orang tua yang telah mendukung pemerintah dalam menegakkan pentingnya cakupan IDL.

“Ada 140 balita se-Jatimulya yang terima sertifikat dan medali, kami roadhsow ke setiap Posyandu untuk melakukan Wisuda IDL,” jelasnya, Kamis (28/07/22).

Menurut Aripudin, imunisasi dalam sistem kesehatan nasional menjadi salah satu bentuk investasi kesehatan yang efektif dalam menurunkan angka kematian bayi dan balita. Imunisasi sangat penting bagi anak-anak untuk mencegah penyakit di antaranya TBC, difteri, campak, polio, dan hepatitis.

“Imunisasi juga bagian dari hak anak dari segi kesehatannya, maka tentu saja untuk mendukung KLA,” ucapnya.

Aripudin juga mengimbau para orang tua untuk rutin membawa anaknya ke Posyandu. Imbuhnya, kini imunisasi dasar lengkap sudah tersedia di Posyandu, sehingga tidak perlu harus ke rumah sakit.

“Cukup ke Posyandu, vaksinnya pun sama keuntungannya gratis dan dapat dijangkau dekat dengan rumah. Jadi, ayo datang dan bawa anaknya ke Posyandu untuk imunisasi,” tandasnya. 

Sumber: depok.go.id