Pelepasan benih ikan di Situ Citayam oleh Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono dan Ketua PK KNPI Cipayung Faulia Miranda, Minggu (20/03/22). (Foto: Diskominfo).

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengapresiasi kegiatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Cipayung yang memiliki program kerja, salah satunya peduli terhadap Situ Citayam. Pihaknya menyebut, kegiatan ini bisa meningkatkan atau menggali potensi wisata yang ada di situ.

“Keberadaan situ yang ada di wilayah, harus benar-benar dijaga kelestariannya. Apalagi peran pemuda yang menjadi ujung tombak pembangunan,” ujarnya disela kegiatan peduli situ cipayung, Minggu (20/03/22).

Dikatakannya, kendati kewenangan situ berada di bawah pemerintah pusat, dirinya akan memperjuangkan untuk penataan situ agar bisa dijadikan pariwisata lokal. Dengan begitu, perekonomian warga yang berada di sekitarnya, juga ikut terdongkrak.

“Mudah-mudahan kegiatan KNPI Kecamatan Cipayung ini, tidak hanya sekedar formalitas. Tetapi bisa menjadi contoh masyarakat dalam perawatan dan pelestarian situ,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Kecamatan (PK) KNPI Cipayung, Faulia Miranda mengatakan, kegiatan ini merupakan program kerja KNPI Kecamatan Cipayung setelah pelatikan yang dilaksanakan pada Desember 2021. Adapun beberapa kegiatan antara lain, bersih-bersih Situ Citayam, pelepasan benih ikan dan penanaman pohon di pinggir situ.

“Intinya, kami ingin merawat Situ Citayam agar tetap terjaga kebersihan dan keindahannya. Bagaimana situ bisa jadi potensi lokal dan warga sekitar bisa meningkatkan ekonomi. Target ke depan yaitu, kami ingin menguatkan peran untuk membantu pemerintah dalam pembangunan di Kota Depok,” tutupnya.