3.948 Balita Dapatkan Vitamin A Dari Puskesmas Abadijaya

DepokNews – Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Puskesmas Abadijaya memberikan vitamin A untuk 3.948 balita di wilayah Kelurahan Abadijaya dan Kelurahan Cisalak. Ribuan balita tersebut terdiri dari usia 6-59 bulan.

“Bulan Februari merupakan bulan pemberian vitamin A dan kami berikan bersamaan dengan pelaksanaan Posyandu,” tutur Kepala UPTD Puskesmas Abadijaya, Ika Herayana, Jumat (17/02/23).

Lanjut dia, pemberian vitamin A disesuaikan dengan usia anak. Untuk usia enam hingga 11 bulan diberikan vitamin A dosis 100.000 IU yang ditandai dengan warna biru. Sedangkan usia satu hingga lima tahun diberikan dosis 200.000 IU yang ditandai dengan warna merah.

Ika menjelaskan, vitamin A memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak. Sebab, sambungnya, vitamin A terlibat dalam pembentukan, produksi dan pertumbuhan sel darah merah, sellimfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh.

“Vitamin A juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan,” tambahnya.

Terakhir, Ika berharap pemberian vitamin A dapat berjalan optimal dan tepat sasaran. Tentunya dengan dukungan dari masyarakat dan stakeholder terkait di wilayah.

“Semoga seluruh balita usia 6-59 bulan di wilayah Kelurahan Abadijaya dan Cisalak menerima vitamin A untuk meningkatkan status kesehatannya,” pungkasnya.

sumber : depok.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *