5 Tips Seru Belajar Matematika Lebih Menyenangkan

DepokNews- Belajar matematika biasanya sangat tidak disukai anak-anak. Dengan belajar matematika seseorang terbiasa berpikir secara sistematis, ilmiah, menggunakan logika, kritis, serta dapat meningkatkan daya kreativitasnya.

Jika diberi pertanyaan kepada siswa, apa mata pelajaran yang paling susah? Maka, sebagian akan matematika.

Dari dahulu hingga sekarang matematika masih menjadi momok bagi siswa. Bagaimana tidak, soal-soal matematika sangat sulit dikerjakan bahkan materinya dipenuhi dengan rumus-rumus sehingga sulit dipelajari dan dipahami.

Ketika siswa sudah tidak suka bahkan takut dengan salah satu mata pelajaran, maka mereka akan cenderung malas mempelajarinya. Bahkan ada yang sudah belajar sungguh-sungguh tetapi hasil ujian matematikanya masih buruk.

Jika sudah begini berarti membutuhkan cara jitu supaya belajar matematika seru dan menyenangkan.

Hal ini dilakukan agar siswa mau belajar matematika tanpa tekanan, dan suka hati. Dikutip dari berbagai sumber, berikut tips belajar matematika yang seru dan menyenangkan.

  1. Belajar di Alam Terbuka

Belajar matematika merupakan aktivitas yang sangat membosankan, terlebih jika dilakukan di dalam kelas. Supaya anak-anak lebih antusias dan semangat belajar matematika, tidak ada salahnya sekali-kali mengajaknya belajar di alam terbuka. 

Saat belajar di alam terbuka, siswa bisa diajari cara menghitung yang menyenangkan dengan menggunakan bunga ataupun daun.

Sedangkan untuk belajar pengurangan bisa mengajak siswa melakukan transaksi pembelian di kantin, koperasi sekolah atau toko. Menggunakan cara seperti ini secara tidak langsung bisa meningkatkan kemampuan matematis siswa. 

  1. Mempelajari Trik-Trik Matematika 

Salah satu kesulitan yang dirasakan siswa saat mempelajari matematika adalah banyaknya rumus. Hampir semua materi yang diajarkan selalu terdapat rumus dengan jumlah yang tidak sedikit.

Dimana rumus-rumus tersebut sulit untuk dihafal. Bagi siswa yang memiliki daya ingat yang baik pasti cukup mudah menghafalkan rumus. Sebaliknya siswa dengan daya ingat kurang baik tentu akan menghadapi kesulitan. 

Masalah seperti ini bisa diatasi dengan menciptakan trik-trik matematika. Trik-trik yang dibuat bisa berupa cara menghitung dengan cepat, mencari nilai tertentu tanpa rumus dan sebagainya. menggunakan trik yang dibuat maka matematika menjadi mudah dipelajari dengan sangat menyenangkan. 

  1. Mempelajari Sempoa

Sempoa merupakan alat hitung yang sering digunakan oleh masyarakat Tiongkok. Dengan menggunakan alat ini, semua operasi bilangan bisa dilakukan dengan lebih baik dan benar.

Bisa menggunakan sempoa maka akan memudahkan dalam belajar menghitung. Bahkan anak-anak bisa menghitung dengan cepat.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu sempoa tidak lagi dibutuhkan karena digantikan dengan gerakan tangan. Meski tidak digunakan tetapi saat menghitung dengan gerakan tangan tetap saja membayangkan sempoa. 

  1. Menggunakan Permainan 

Cara belajar matematika yang seru dan menyenangkan selanjutnya yaitu dengan menggunakan permainan. Permainan yang bisa digunakan untuk belajar matematika ada dua jenis.

Pertama, menggunakan permainan yang bisa dilakukan secara langsung. Contohnya berhitung dengan menggunakan jari, cepat-cepatan dan sebagainya. Kedua, dilakukan dengan menggunakan alat peraga dan aplikasi.

Saat ini ada banyak video pembelajaran matematika di Youtube yang dikemas dengan menarik dan bisa ditonton secara gratis. Video pembelajaran tersebut dikemas dalam bentuk video animasi sehingga sangat disukai para siswa dan mudah dipahami.

  1. Menggunakan Lingkaran untuk Belajar Lingkaran  

Materi pelajaran matematika itu sangatlah banyak, salah satunya yaitu materi pecahan dan jam. Bagi sebagian siswa materi ini sangat sulit untuk dipahami.

Supaya siswa lebih mudah memahaminya maka bisa mempelajari materi ini dengan cara membuat lingkaran jam. Menggunakan cara ini maka guru akan lebih mudah menjelaskan tentang pecahan, terutama mengenai seperempat dan juga setengah.

Kelima cara diatas bisa dicoba agar siswa bisa belajar matematika dengan lebih menyenangkan. Silakan dicoba!