63 Kelurahan di Depok Akan Miliki Taman

DepokNews- Tahun 2018 Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, telah merampungkan taman di 10 kelurahan Kota Depok.
Hal tersebut sesuai dengan target DLHK untuk membangun taman di 63 kelurahan di Kota Depok, hingga Tahun 2021.
Kepala Bidang Pertamanan DKLH Depok, Eti Yuniarti mengatakan bahwa pihaknya juga telah melakukan penataan taman, baik tingkat RW maupun taman tingkat kelurahan. Pada 2021, diharapkan dapat terbangun taman di seluruh penjuru kota Depok.
“Hal itu dilakukan sebagai upaya mengejar ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Depok,” ujarnya.
Keberadaan RTH dalam sebuah tata kota sangat penting. Selain membuat lingkungan tampak hijau dan segar, adanya urban open space ini juga difungsikan sebagai kawasan resapan air.
“Sehingga dapat meminimalisir terjadinya banjir saat musim hujan,” terang Eti.

Taman juga dapat difungsikan sebagai objek wisata serta sarana edukasi dengan dilengkapi berbagai fasilitas bermain bagi anak-anak, maupun fasilitas lainnya yang bermanfaat bagi warga sekitar.

Kedepan dalam waktu dekat berencana melakukan penataan Taman Leli yang ada di wilayah Kelurahan Depok Jaya, Pancoranmas, lebih ke taman konservasi.

DLHK Depok akan terus berupaya menata Taman Leli secara bertahap, karena masih belum bisa dengan anggaran besar. Saat ini anggarannya lebih ke wilayah kelurahan yang belum memiliki taman.

“Untuk wilayah Depok Jaya sudah cukup banyak, namun pihaknya akan terus berupaya mengoptimalkan penataan Taman Leli secara bertahap,” tandasnya.(mia)