Menu

Dark Mode
Ide Keren dan Kreatif, Bantuan Makan Sahur di Depok 20 Alasan Warga Nyaman Tinggal di Kota Depok Santika Hotel Depok Kenalkan Menu Malaysia Kota Depok Masuk Zona Rawan Narkoba Duh! Ada 3700 Perceraian Di Depok Selama 2016, Media Sosial Menjadi Penyebab Utama

Pendidikan

Mahasiswa Jaman ‘Now’ Perlu Peningkatan Etika Kepada Dosen

badge-check


					Mahasiswa Jaman ‘Now’ Perlu Peningkatan Etika Kepada Dosen Perbesar

DepokNews — Masyarakat milenial atau era sekarang ini pasti tidak heran dengan julukan “Kidz Jaman Now” atau kata-kata sebutan yang diakhir dengan dua kata, seperti  “Jaman Now”. Hal ini membuat Dosen Psikologi di Universitas Indonesia, Bona Sardo, angkat bicara mengani mahasiswa di era milenial. Menurutnya, “Mahasiswa Jaman Now” telah merubah cara berinteraksi dengan seseorang hanya melalui media sosial. Sehingga tak sedikit mahasiswa cenderung tidak sopan dalam berkomunikasi saat berinteraksi. Oleh karena itu, perlunya peningkatan etika komunikasi saat berinteraksi kepada dosen atau guru.

“Umumnya mahasiswa era milenial ini lebih sering menggunakan sosial media untuk berinteraksi. Menurut mereka jika sudah berinteraksi langsung melalui sosial media telah mempermudah seseorang untuk berkomunikasi langsung,” kata Bona.

Bona melihat, berinteraksi di sosial media justru membuat semakin tidak terlatihnya seseorang untuk berkomunikasi secara langsung dengan sesamanya. Ini pula yang dapat memperburuk suatu komunikasi.

“Interaksi di sosial media kan itu di dunia maya. Jadi mereka tidak terlatih secara nyata untuk berinteraksi langsung, ini akan semakin memperburuk seseorang dalam hal berkomunikasi baik dengan atasan, orang yang lebih muda atau bahkan pasangan,” tutur Bona.

Untuk menghidari ini, UI pun membuat aturan etika mahasiswa menghubungi dosen. Etika menghubungi dosen dibuat dalam dua bahasa dan disajikan melalui infografis. Ada 7 poin etika menghubungi dosen yang dibuat UI. Simak nih untuk mahasiswa ‘jaman now’:

– Perhatikan kapan waktu yang tepat untuk menghubungi dosen. Pilihlah waktu yang biasanya tidak dipakai untuk beristirahat atau beribadah. Contoh: hindari menghubungi dosen di atas pukul 20.00 atau di saat waktu ibadah.

– Awali dengan sapaan atau mengucapkan salam. Contoh: Selamat pagi Bapak/Ibu, atau Assalamualaikum (apabila kedua belah pihak sesama muslim).

– Ucapkan kata maaf untuk menunjukkan sopan santun dari kerendahan hati Anda. Contoh: “Mohon maaf mengganggu waktu Ibu/Bapak”.

– Setiap dosen pasti menghadapi ratusan mahasiswa setiap harinya dan tidak menyimpan nomor kontak seluruh mahasiswa. Maka, pastikan Anda menyampaikan identitas Anda di setiap awal komunikasi/percakapan. Contoh: “Nama saya Putri, mahasiswa Administrasi Negara Angkatan 2016, semester ini mengambil mata kuliah Hukum dan Administrasi Negara di kelas Ibu/Bapak”.

– Gunakan bahasa yang umum dimengerti, tanda baca yang baik dan dalam konteks formal. Hindari menyingkat kata seperti ‘dmn, yg, ak, kpn, otw, sy’. Hindari kata ganti non formal seperti ‘aku, ok, iye, dll’.

– Tulislah pesan dengan singkat dan jelas. Contoh: “Saya, memerlukan tanda tangan Bapak/Ibu di lembar pengesahan saya. Kapan kiranya saya dapat menemui Bapak/Ibu?”

– Akhiri pesan dengan mengucapkan terima kasih atau salam sebagai penutup.

Facebook Comments Box

Read More

FGD PRA STUDI KELAYAKAN PROGRAM RISET DORONGAN TEKNOLOGI DIKTI 2025: PROTOTIPE RANTAI PASOK BLOCKCHAIN UNTUK AGROINDUSTRI

10 December 2025 - 05:17 WIB

Program Studi Pariwisata Universitas Gunadarma Berdayakan Ibu Rumah Tangga di Kemanggisan,Jakarta Barat Lewat Pelatihan Produksi Cinderamata Kuliner dan Wirausaha

9 December 2025 - 09:59 WIB

Screening and Education on Anemia Prevention to Improve the Quality of Life of Adolescents at Pathumthani University

8 December 2025 - 14:51 WIB

Paradoks Tata Kelola Perusahaan Indonesia: Mengapa “Lebih Besar” Tidak Selalu Lebih Baik

8 December 2025 - 14:43 WIB

Universitas Gunadarma Turut Tingkatkan Kapasitas Pelaku Usaha dalam Manajemen Penjualan dan Keuangan Melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat

1 December 2025 - 20:12 WIB

Trending on Pendidikan