IPM Depok Meningkat dan Presentasi Pengangguran Terbuka Menurun

Sumber Gambar : Unplash

DepokNews – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Depok mengalami kenaikan yang cukup baik yaitu meningkat sebesar 0,86 poin tahun 2019. Sementara Persentase angka kemiskinan menurun sebesar 3,27,dan angka pengangguran juga menurun sebesar 7,98.

Kemudian dari sisi indikator kesejahteraan Kota Depok hingga tahun 2019 menunjukkan perkembangan yang baik. Dari angka tersebut masih di atas rata-rata nasional dan Provinsi Jawa Barat. Hal tersebut terlihat dari data tahun sebelumnya yang menunjukkan adanya kecenderungan ke arah peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu berdasarkan tabel Realisasi Indikator Kinerja Daerah terhadap Capaian Kinerja Aspek Makro. Aspek Makro yang berpengaruh besar pada aspek kesejahteraan di masyarakat, menunjukkan kecenderungan membaik di 2019 dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara itu pengangguran terbuka, angka kematian bayi, prevalensi gizi buruk yang cenderung turun dari tahun ke tahun. Kemudian, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial semakin meningkat.

Demikian halnya dengan pendapatan per kapita yang sering dipakai untuk menggambarkan tingkat kemakmuran masyarakat secara makro juga mengalami penurunan sebesar 4,01.

Sementara itu, ketimpangan pendapatan sebagai salah satu alat untuk mengukur derajat ketidakmerataan distribusi pendapatan penduduk juga mengalami penurunan sebesar 5,75.