Abdimas UPN Veteran Sulap Minyak Jelantah Jadi Lilin Aromaterapi

DepokNews- Minyak goreng jelantah jangan dibuang dulu. Tim Pengabdian Masyarakat (Abdimas) UPN Veteran Jakarta, punya solusinya. universitas di Kota Depok ini menyambangi Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Ujung Menteng, Cakung Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

Tim Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Jakarta yang terdiri dari dua dosen, yaitu Ria Astriratma dan Shinta Widyastuti beserta tiga mahasiswa. Pelatihan berlangsung di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Menteng Asri.

Koordinator Tim dari UPN Veteran Jakarta, Ria Astriratma menjelaskan, minyak goreng jelantah merupakan minyak limbah bekas pengolahan masakan yang digunakan berulang kali. Akibatnya, dapat mempengaruhi mutu dan nilai gizi bahan pangan yang digoreng sehingga berdampak pada kesehatan.

Selain itu, pembuangan minyak jelantah juga dapat mencemari lingkungan sehingga pemanfaatan kembali limbah jelantah dapat menjadi salah satu alternatif untuk menguranginya.

“Seperti yang kita ketahui minyak jelantah yang dipakai berulang kali untuk memasak tidak baik untuk kesehatan, sehingga kita bisa memanfaatkan minyak jelantah yang miliki menjadi lilin aromaterapi. Nantinya dapat digunakan sendiri dan juga bisa menjadi peluang usaha baru dengan kreasi atau hiasan pada lilin,” ujarnya.

Ria mengatakan, dukungan dari Ketua Kelompok PKK sangat besar dalam kegiatan ini, termasuk penentuan lokasi ruang terbuka yang disediakan demi keamanan dan kenyamanan bersama. Kegiatan pelatihan dihadiri 13 peserta dari kelompok PKK Kelurahan Ujung Menteng.

Pelatihan dimulai dari pemaparan Tim Dosen sekaligus menayangkan video tutorial pembuatan lilin yang sudah diunggah pada kanal youtube. Selanjutnya, peserta pelatihan dibagi menjadi empat kelompok dan masing-masing membuat kreasi lilin aromaterapi berbahan utama minyak jelantah.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada kelompok PKK dalam memanfaatkan minyak jelantah, sehingga dapat menjadi barang yang bernilai tambah sekaligus menjadi ide bisnis yang dapat dikembangkan,” ungkap Ria.

Sunarti perwakilan dari PKK Kelurahan Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur membuka acara pelatihan ini mengucapkan terima kasih kepada Tim UPN Veteran Jakarta yang telah memberikan pelatihan kepadanya.

“Mudah-mudahan pelatihan ini nanti bisa bermanfaat khususnya untuk kita dan umumnya untuk warga Kelurahan Ujung Menteng” kata Sunarti.