DepokNews – Dalam rangka meningkatkan kapasitas sebagai upaya kesiapsiagaan dan pengurangan resiko bencana, Kelurahan Pondok Jaya Kecamatan Cipayung menggelar pelatihan tanggap bencana bersama Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok, Rabu (22 Juni 2022).

“Setuju sekali jika Karang Taruna disertakan dalam pelatihan yang berkaitan dengan Siaga Tanggap Bencana seperti yang dilaksanakan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP). Ini selaras dengan prinsip yang dianut Karang Taruna dalam menjalankan tugasnya, di antaranya berjiwa sosial, kebersamaan dan partisipasi,” imbuh anggota DPRD Depok Fraksi PKS Farida Rachmayanti.

Farida menyebutkan dalam Permensos RI No. 25 Tahun 2019 disebutkan
Karang Taruna adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk generasi muda, yang berorientasi pada tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat.

Fraksi PKS Depok, ujar Farida, meminta Pemerintah agar memberi ruang yang seluasnya bagi para pemuda untuk bisa berkontribusi dalam pembangunan. Sehingga potensi mereka semakin berkembang.

“Anak muda kan potensinya luar biasa. Harus terus dikembangkan, baik dari sisi wawasan, mental, dan fisik. Caranya dengan memberikan kesempatan terlibat dalam agenda pembangunan. Ikut berkontribusi dalam penyelesaian masalah di sekitarnya. Jadi mereka akan punya portofolio pengalaman yg berharga. Salah satunya tanggap dalam hal langkah- langkah dan cara antisipasi mendampingi masyarakat dalam menanggulangi bencana secara mandiri sebagai pertolongan pertama,” pungkasnya.

Ini sejalan dengan strategi pembangunan kepemudaan yang diukur dalam Indeks Pembangunan Pemuda ( IPP). Ada lima domain yg diukur, salah satunya adalah domain partisipasi dan kepemimpinan.

Melalui Pelatihan Siaga Tanggap Bencana yang dilaksanakan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) berharap para pemuda Karang Taruna semakin memiliki semangat untuk berpartisipasi dan terasah jiwa kepemimpinannya.

Previous articleAleg PKS Depok Hafid Nasir Berharap Kali Mati/Kering bisa Dimanfaatkan untuk Budi Daya Tanaman atau Ikan
Next articleUniversitas Respati Indonesia Lakukan Pengabdian Masyarakat di Cipayung Jaktim