Depoknews – Anggota Komisi A DPRD Kota Depok Farida Rachmayanti menyatakan bahwa pengelolaan dan penguatan jaringan infrastruktur dan aplikasi yang terintegrasi,
utamanya internet di Kota Depok, diharapkan dapat mendukung terselenggaranya good governance.
“Birokrasi dapat bekerja secara efisien, efektif dan produktif sehingga mampu memberikan dampak kerja positif (manfaat) kepada masyarakat,” imbuhnya.

Menurut aleg Fraksi PKS ini, terutama yang berkaitan dengan pelayanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan, selayaknya dapat dirasakan ‘keramahannya’.
Misalnya, untuk pendidikan terkait PPDB yang saat ini tengah berlangsung secara online. Sementara di sektor kesehatan, pelayanan untuk administrasi jaminan kesehatan atau bansos kesehatan dengan sistem on line bisa lebih mudah. Baik di atara faskes dan atau institusi terkait.

“Kita mengapresiasi berbagai terobosan aplikasi online yg sudah dilakukan oleh Disdukcapil dalam hal administrasi kependudukan. Demikian juga dengan Disnaker dengan Bursa Kerja On Line (BKOL)nya.
Adanya BKOL menunjukkan komitmen pemerintah untuk memberikan pelayanan publik bagi pemuda. Dan menjadi bagian dari keseriusan mengelola bonus demografi,” tegas aleg Dapil Beji-Cinere-Limo (BCL) ini.

Berkaitan dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), menurut Farida, hal yang perlu terus ditingkatkan adalah integrasi data dan integrasi aplikasi. Sejak beberapa tahun terakhir -misalnya- Fraksi PKS Depok mengusulkan terintegrasinya data yang berkaitan dengan penyelenggaraan Kota Layak Anak. Data yang berbasis lima klaster hak anak, yakni hak sipil, hak pendidikan, hak kesehatan dan kesejahteraan, hak pengasuhan keluarga, dan hak perlindungan khusus.

“Fraksi PKS Depok akan terus mengawal terselenggaranya program kota cerdas. Sebagaimana amanat dari perundangan bahwa pelayanan publik perlu terus ditingkatkan kualitasnya untuk menjamin kesederhanaan, kemudahan, keterjangkauan, dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Pada sisi lain juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang kompleks,” pungkas Farida.