DepokNews — Perhatian pemerintah Kota Depok terhadap para pencari kerja sangat luar biasa. Hal tersebut terlihat dari pelatihan keterampilan atau latihan kerja yang diadakan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok

Pelatihan tersebut meliputi pelatihan barista, komputer, tata boga, tata rias pengantin, perbengkelan roda dua, servis komputer dan servis AC.

Kepala Disnaker Kota Depok, Mohamad Thamrin mengatakan, tujuh pelatihan ini diadakan demi meningkatkan keterampilan masyarakat agar dapat diserap pelaku industri ataupun berwirausaha sendiri. Pemilihan ketujuh pelatihan tersebut juga mengikuti peluang kerja dan wirausaha yang cukup besar pada beberapa tahun mendatang.

“Pelatihan terbagi menjadi dua semester, pada semester pertama dilaksanakan pada bulan Januari-Juni 2022. Lalu, semester dua akan dimulai pada bulan Juli-Desember 2022,” tuturnya.Senin (07/02/22).

Thamrin menjelaskan, pada semester pertama, pihaknya akan menggelar pelatihan barista pada 25-30 Maret 2022. Lalu, pelatihan komputer angkatan pertama dari 7-15 Juni 2022 dan angkatan kedua pada 21-29 Juni 2022.

“Kemudian untuk semester dua, ada pelatihan tata boga 8-15 Juli 2022. Lalu, pelatihan tata rias pengantin 19-28 Juli 2022 dan pelatihan perbengkelan roda dua 02-31 Agustus 2022,” ujarnya.

Selanjutnya, pelatihan servis komputer 5-13 September 2022 dan pelatihan servis ac 19-27 September 2022. Semua pelatihan tersebut gratis, bahkan peserta akan mendapatkan uang transport, makan, sertifikat dan fasilitas penunjang pelatihan lainnya.

“Untuk kriteria peserta pelatihan yaitu, memiliki KTP Depok, memiliki AK-1 (kartu kuning), usia minimal 18 tahun, tidak sedang sekolah atau menyelesaikan pendidikan, belum bekerja dan sudah mendapatkan sertifikat vaksinasi Covid-19,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelatihan, Produktifitas dan Bina Lembaga Pelatihan Kerja, Disnaker Kota Depok, Tri Astuti menambahkan, bagi masyarakat atau pencaker yang ingin mendaftar dan mengikuti seleksi pelatihan kerja dapat membuka link https://SIMPEL.DEPOK.GO.ID. Pendaftaran pelatihan semester pertama akan ditutup pada tanggal 1 Maret 2022 dan pelatihan semester dua ditutup pada tanggal 16 Juni 2022.

“Setelah mendaftar akan ada seleksi dari masing-masing pelatihan di atas. Jadwal seleksi akan diumumkan melalui whatsapp atau email pendaftar dan juga diumumkan dalam aplikasi Simpel,” pungkasnya.