Atasi Kebakaran di Gudang Kabel Cimanggis, Puluhan Personel Damkar Diturunkan ke Lokasi

Petugas Damkar Kota Depok saat melakukan pemadaman api di Gudang Kabel di Jalan Alternatif Cibubur Danau Buperta Kelurahan Harjamukti Kecamatan Cimanggis, Sabtu (14/10/23). (Foto: Dokumentasi Damkar)

DepokNews – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berhasil memadamkan api yang membakar gudang kabel di Jalan Alternatif Cibubur Danau Buperta Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Sabtu (14/10/23).

Kurang lebih 16 jam, sebanyak 40 personel Damkar berjibaku memadamkan kobaran api di gudang kabel tersebut.

Kepala Seksi Penyelamatan Kebakaran, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Tesy Haryati mengatakan, sesuai keterangan saksi mata dan pengakuan tiga pekerja, penyebab kebakaran disebabkan puntung rokok pekerja. Pemadaman api mengalami kesulitan karena bahan kabel fiber optik yang meleleh setinggi tiga meter.

“Bagian yang terbakar adalah gudang yang berisi tumpukan bahan kabel, pemadaman mengalami kendala karena kabel yang terbuat dari fiber, serta ada barang-barang yang mudah terbakar,” tuturnya, Minggu (15/10/23).

Dikatakan Tesy, pihaknya menerima laporan pada Sabtu kemarin pukul 13:47 WIB. Kemudian tiba di lokasi pada 14:02 WIB dan api berhasil dipadamkan pada 06:09 WIB pada hari Minggu.

Dirinya menyebutkan, area yang terbakar seluas 1.500 meter persegi. Adapun estimasi kerugian mencapai miliaran rupiah.

Tesy menjelaskan, untuk memadamkan api, pihaknya menerjunkan delapan mobil pemadam. Yaitu dua unit dari Mako, satu unit dari Pos Wali Kota, dua unit dari UPT Cimanggis, dua unit dari UPT Tapos, dan satu unit dari UPT Merdeka.

“Masing-masing memiliki kapasitas 8.000 liter, 1.000 liter, dan 4.000 liter,” tambahnya.

“Juga bantuan dari Kota Bekasi sebanyak dua unit mobil pemadam,” tandasnya.

Sumber : depok.go.id